Kenapa Hamtramck Kini Jadi Kota Mayoritas Muslim di AS?



Jakarta, Indonesia —

Hamtramck kini menjadi kota dengan mayoritas muslim di Amerika Serikat. Kenapa Hamtramck kini berubah menjadi kota dengan mayoritas muslim di AS?

Laju migrasi memainkan peran penting dalam perubahan demografis Hamtramck yang kini mayoritas dihuni warga muslim.

Selama beberapa dekade, kota ini dikenal sebagai ‘Warsawa Kecil’ Michigan dan dipenuhi dengan rumah sempit serta pabrik-pabrik.

Namun, masa kejayaan kota ini sirna. Banyak pabrik dan warga campuran Amerika-Polandia yang pindah ke pinggiran Detroit dalam dua dekade terakhir. Kondisi itu membuat imigran, yang kebanyakan berasal dari Yaman dan Bangladesh, menjadi penghuni Hamtramck.

Mengutip , masyarakat lokal juga mengatakan Hamtramck kini menjadi kota dengan mayoritas penduduk muslim.

Walikota Hamtramck dalam 99 tahun terakhir merupakan keturunan Polandia-Amerika. Namun, tradisi itu berubah ketika Walikota baru Hamtramck, Amer Ghalib, akan dilantik pada 2 Januari nanti, bersama dengan dewan kota yang seluruhnya muslim.

Hamtramck akan menjadi kota pertama di AS dengan pemerintahan kota yang seluruh pejabatnya beragama Islam, sebagaimana dilansir Dewan Urusan Publik Muslim.

Ghalib sendiri merupakan pria yang lahir di Yaman. Ia datang ke AS tanpa sanak saudara serta kerabat. Namun, Ghalib kini sukses berkarier di bidang kesehatan, pun juga belajar untuk menjadi dokter.

“Malam ini menjadi contoh bagaimana American Dream hidup dan sehat di tanah penuh peluang ini,” tutur Ghalib.

Ghalib berhasil mengalahkan Karen Majewski, yang menjabat sebagai walikota selama 16 tahun.

Lanjut baca di halaman berikutnya…


Semangat Toleransi di Hamtramck


BACA HALAMAN BERIKUTNYA



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *