Kengerian The Substance Diakui Kritikus, Fargeat-Moore Banjir Pujian



Jakarta, Indonesia

The Substance mendapat banjir pujian kritikus setelah tayang di berbagai festival film dan dirilis secara global. Film tersebut dianggap sukses menyuguhkan satir dan body horror yang melampaui ekspektasi.

Penilaian kritikus itu pun terhimpun di laman agregator Rotten Tomatoes. Per Jumat (18/10), skor kritikus untuk The Substance mencapai 90 persen dari 305 ulasan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Capaian tersebut membuat The Substance sukses memperoleh predikat tomat segar. Film terbaru Coralie Fargeat itu juga menghasilkan skor audiens 73 persen dari 1.000 lebih pengguna yang memberikan rating.

Jika mengacu skor kritikus Rotten Tomatoes, The Substance berhasil unggul dari film-film horor populer yang rilis pada 2024. Beberapa di antaranya, A Quiet Place: Day One dengan 87 persen, Longlegs dengan 85 persen, Speak No Evil dengan 84 persen, hingga The First Omen dengan 82 persen.


Sebagian besar kritikus memuji suguhan yang ditawarkan Coralie Fargeat selama 141 menit tersebut. Esther Zuckerman dari The Daily Beast menilai film itu berhasil memberikan pengalaman beragam, dari bersorak hingga tercengang.

The Substance lalu dinilai sebagai tontonan menjijikkan–dalam konteks positif–karena menampilkan body horror secara eksplisit. Hal ini pun dibenarkan Adam Graham, kritikus film Detroit News.




The Substance mendapat slot tayang reguler di bioskop Indonesia setelah singgah ke berbagai festival film internasional. Film itu tayang perdana di Cannes Film Festival 2024, bahkan bersaing di kompetisi utama.The Substance mendapat banjir pujian kritikus setelah tayang di berbagai festival film dan dirilis secara global. (dok. Working Title Films/A Good Story/Blacksmith via IMDb)

“Kita bersorak, kita terkesiap, dan bertepuk tangan. Ini merupakan hal paling menjijikkan yang akan Anda lihat sepanjang tahun,” ujar Zuckerman.

“The Substance adalah satir yang menggigit, kocak, dan menjijikkan mengenai standar kecantikan modern dan obsesi Hollywood terhadap kaum muda, yang dipentaskan sebagai film gila,” tulis ulasan Graham di Detroit News.

Beberapa kritikus film juga memuji kemampuan Fargeat dalam menulis dan menyutradarai The Substance. Ia dianggap berhasil mengeksekusi cerita menjadi tontonan satir yang brilian, baik secara cerita maupun visual.

Peter Howell, kritikus Toronto Star, menilai Fargeat tidak hanya memberi penghormatan bagi David Cronenberg. Ia bahkan dianggap berhasil melampaui hasil kerja sutradara The Fly (1986) tersebut.

Apresiasi lain tertuju kepada Demi Moore yang memerankan Elisabeth Sparkle. Richard Lawson dari Vanity Fair mengakui totalitas Demi Moore dalam berakting dan membawa karakter Elisabeth menjadi nyata.

Lebih dari itu, Phillip De Semlyen dari Time Out bahkan menilai The Substance layak jadi salah satu film favorit bagi para pencinta genre body horror.

“Fargeat memberi penghormatan, lalu melampaui kengerian body horror David Cronenberg lewat film keduanya yang transformatif,” ujar Peter Howell.

[Gambas:Video ]

“Sungguh menggetarkan hati menyaksikan seorang aktor seperti Demi Moore mengerahkan segalanya seperti ini, tampak begitu berdedikasi kepada filmnya,” tulis Lawson dari Vanity Fair.

“Beberapa orang akan teriak histeris, tetapi jika ini yang Anda sukai, mungkin saja ini film horor favorit terbaru Anda,” tulis De Semlyen dari Time Out.

Beberapa kritikus juga tetap memiliki reaksi lain terhadap The Substance, termasuk reaksi negatif. Drew Gregory, kritikus Autostraddle, menganggap film itu hanya mengandalkan akting Demi Moore dan Margaret Qualley.

Padahal, The Substance mendapat penghargaan skenario terbaik dalam Cannes Film Festival 2024. Kritikus Chicago Sun-Times bernama Richard Roeper juga menganggap film tersebut lebih sering memuakkan daripada menggugah semangat.

[Gambas:Youtube]

“Untuk sebuah film yang memenangkan Skenario Terbaik Cannes, film ini terlalu mengandalkan akting dan dandanan untuk mengimbangi tulisan yang kurang bersubstansi,” ungkap Drew Gregory dari Autostraddle.

“The Substance seringkali memuakkan dan jarang menggugah antusiasme,” beber Roeper.

The Substance ditulis dan diarahkan Coralie Fargeat. Ia dikenal sebagai sutradara film berjudul Revenge (2017).

Demi Moore dan Margaret Qualley memerankan karakter Elisabeth Sparkle dan Sue. Selain itu, The Substance juga dibintangi Dennis Quaid, Gore Abrams, Hugo Diego Garcia, dan Craig Silver.

Di Indonesia, film itu juga masuk line up Jakarta World Cinema 2024. The Substance menjadi film pembuka sekaligus pemenang kategori Audience Award dalam festival itu.

The Substance tayang di bioskop mulai 16 Oktober 2024.

(frl/end)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *