Ketua MPR Tegas RI Bela Palestina, Teriakan Free Palestine Menggema




Jakarta, Indonesia

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) Ahmad Muzani menegaskan dukungan Indonesia terhadap Palestina di depan perwakilan Amerika Serikat yang kerap memveto resolusi mengenai Jalur Gaza.

Dalam pidato di gedung DPR/MPR RI pada Minggu (20/10), Muzani mengatakan masalah Palestina merupakan salah satu situasi global yang semakin kompleks. Ia menegaskan RI selalu dan akan terus memprioritaskan masalah Palestina hingga wilayah itu memperoleh kemerdekaan.

“Dalam hubungan internasional, situasi global yang semakin kompleks salah satu isu yang ditangani secara tepat adalah perjuangan rakyat Palestina untuk mendapatkan kemerdekaan dan hak asasi mereka. Kita semua tahu bahwa Palestina bukan hanya masalah regional tapi juga merupakan persoalan kemanusiaan yang memerlukan perhatian dan dukungan kita semua,” kata Muzani.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dia menegaskan Indonesia memiliki tanggung jawab moral yang terus mendukung perjuangan rakyat Palestina.

“Melalui diplomasi yang aktif, kita dapat memberikan suara kepada mereka yang terpinggirkan serta mendorong komunitas internasional untuk bersatu dalam upaya mendukung hak-hak rakyat Palestina,” lanjut Muzani.

Dalam pidatonya, yang juga disampaikan di hadapan Presiden Prabowo Subianto, Muzani meminta kepada Prabowo agar pemerintahan berikutnya bisa meneruskan perjuangan Indonesia untuk kemerdekaan Palestina ini.

“Kepada Presiden Prabowo Subianto, melalui mimbar yang terhormat ini agar dapat melanjutkan komitmen perjuangan ini menjadikan dukungan terhadap kemerdekaan Palestina sebagai bagian dari kebijakan politik luar negeri kita,” ucapnya.

Pidato Muzani itu pun disambut riuh tepuk tangan. Sebagian besar hadirin bahkan berdiri sambil menyerukan dukungan kuat untuk Palestina.

Seruan “Free Palestine!” terdengar menggema nyaring di ruang parlemen.

Dalam kesempatan itu, Duta Besar Amerika Serikat untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Linda Thomas-Greenfield hadir dan mendengarkan.

Thomas-Greenfield merupakan perwakilan AS yang kerap memveto resolusi-resolusi PBB terkait Jalur Gaza.

Beberapa resolusi yang diveto itu di antaranya mengenai kecaman terhadap agresi brutal Israel di Gaza, desakan untuk gencatan senjata, hingga jaminan agar bantuan kemanusiaan bisa mencapai rakyat Palestina di Gaza dengan aman.

Thomas-Greenfield selama ini memang selalu menyuarakan dukungan bagi Israel. Ia menilai agresi militer Israel di Gaza merupakan bentuk pembelaan diri atas serbuan kelompok milisi Hamas pada 7 Oktober 2023.

(blq/asa)


[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *