Khaled Mashal Pimpin Hamas usai Yahya Sinwar Tewas




Jakarta, Indonesia

Media Lebanon mengungkap bahwa Khaled Mashal akan mengambil alih kepemimpinan Hamas, usai Yahya Sinwar tewas dibunuh Israel pada Rabu (16/10).

Kantor berita Rusia TASS, mengutip situs berita LBCI Lebanon, mengatakan Mashal yang merupakan perwakilan Hamas di luar negeri akan menjadi pemimpin baru kelompok perlawanan tersebut.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Sumber-sumber mengonfirmasi bahwa Mashal telah mengambil peran sebagai pemimpin sementara Hamas,” demikian laporan TASS mengutip LBCI Lebanon, Jumat (18/10).

Laporan media tersebut juga mengatakan Mashal bertanggung jawab untuk berkomunikasi dengan pihak-pihak utama yang terlibat dalam pembicaraan tentang pembebasan sandera Israel.

Selain itu, sumber-sumber tersebut mengatakan pihak Hamas telah memberi tahu pejabat Turki, Qatar, dan Mesir tentang kematian Sinwar.

Sumber itu juga menyebut pembicaraan tentang pertukaran sandera dan upaya untuk mengakhiri perang dengan Israel akan menjadi semakin sulit.

Pemimpin Hamas yang baru dua bulan menjabat, Yahya Sinwar, tewas dalam operasi Israel di Rafah, Jalur Gaza, pada Kamis (17/10) waktu setempat.

Militer Israel membeberkan bahwa pasukan mereka sedang melakukan patroli rutin dan tiba-tiba berpapasan dengan tiga orang bersenjata. Mereka terlibat baku tembak hingga ketiga orang itu tewas.

Salah satu personel militer Israel mengaku melihat satu dari ketiga wajah orang bersenjata itu mirip Yahya Sinwar. Usai melakukan tes biometrik, sidik jari, hingga DNA, dikonfirmasi bahwa mayat itu adalah Yahya Sinwar.

Yahya Sinwar tewas setelah baru dua bulan lebih menggantikan mendiang mantan pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh, yang tewas di Teheran, Iran.

Hamas menunjuk Sinwar sebagai pemimpin mereka pada awal Agustus usai Ismail Haniyeh tewas dalam serangan Israel di Iran.

Sebelum penunjukkan itu, Sinwar nyaris tak pernah muncul ke publik bahkan saat Israel melancarkan agresi ke Gaza pada Oktober 2023.

Sebelum mengganti Haniyeh, Sinwar merupakan petinggi Hamas yang paling diburu Israel. Ia juga disebut kepala militer Hamas di Gaza.

(dna/bac)


[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *