Kisah Abduh Lestaluhu Buat Emosi Thailand di Final Piala AFF


Jakarta, Indonesia —

Duel Indonesia vs Thailand di final Piala AFF memiliki cerita kontroversial jelang final leg pertama Piala AFF 2021 (2020) di Stadion Nasional, Rabu (29/12).

Sebelum Piala AFF tahun ini, Indonesia vs Thailand bertemu di final Piala AFF 2016. Dalam dua leg di final Piala AFF 2016, Indonesia menyerah 3-5 dan gagal juara.

Pada final Piala AFF lima tahun lalu itu terdapat kontroversi yang membuat murka kubu Thailand karena tingkah bek kiri Indonesia Muhammad Abduh Lestaluhu.

Insiden itu bermula dari lemparan ke dalam bagi Skuad Garuda pada menit-menit akhir. Saat Abduh hendak melakukan lemparan ke dalam, pemain cadangan Thailand mengulur-ulur waktu dengan menahan bola yang akan diambil pemain Persis Solo tersebut.

Merasa dipemainkan kubu Thailand, Abduh membalikkan badan ke arah wasit dan memprotes sikap pemain lawan.




Asnawi Mangkualam of Indonesia, right, hugs Evan Dimas Darmono of Indonesia after defeating Singapore during the AFF Suzuki Cup 2020 semi-final second leg match between Indonesia and Singapore in Singapore, Saturday, Dec. 25, 2021. (AP Photo/Suhaimi Abdullah)Timnas Indonesia kembali bertemu Thailand di final Piala AFF. (AP/Suhaimi Abdullah)

Tak lama bola itu diberikan ofisial Thailand. Namun sikap Abduh berbeda. Abduh yang saat itu bermain untuk PS TNI menendang keras bola ke bangku cadangan skuad Thailand.

Perilaku Abduh membuat bench Gajah Perang berang dan mencoba menghampiri bek Indonesia tersebut. Tetapi Abduh tidak gentar dan tidak lari usai ‘menyerang’ skuad Thailand.

[Gambas:Video ]

Hanya saja, sikap Abduh tersebut berujung kartu merah dari wasit Mohd Abdullah Hassan Mohammed pada menit ke-90.

Kepada Indonesia, Abduh mengaku merasa dipermainkan pemain Thailand sehingga emosi dan menendang bola ke kubu lawan.

“Saya sangat menyesal melakukan insiden itu. Mungkin [karena] saya juga dalam keadaan capek, kami juga memburu gol, jadi dibuat seperti itu saya sangat menyesal,” kata Abduh.

(sry/ptr)







Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *