KLHK soal Potret Gundul Hutan Papua: Konsesi Sejak Era SBY



Jakarta, Indonesia —

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) buka suara soal perbandingan foto satelit NASA yang diambil pada 2001 dan 2019. Potret tersebut memperlihatkan hutan Papua yang semakin gundul karena deforestasi.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat, KLHK Nunu Anugrah mengatakan potret tersebut merupakan lahan konsesi sawit PT Dongin Prabhawa di Kabupaten Merauke, Papua pada 2009. Konsesi ini diberikan pada era Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

“Pelepasan kawasan hutan untuk pembangunan sawitnya diberikan oleh Menteri Kehutanan MS. Kaban di era Presiden SBY, pada 5 Oktober 2009 seluas 34.057 hektare, atau lebih dari setengah luas DKI Jakarta,” kata Nunu dalam keterangan tertulisnya, Minggu (14/11).

Nunu berpendapat dua foto satelit NASA itu tidak cukup untuk menggambarkan laju pergerakan deforestasi di konsesi sawit tersebut dari tahun ke tahun. Apalagi, tudingan deforestasi diarahkan kepada pemerintah Joko Widodo (Jokowi).

Nunu lantas menunjukan foto liputan satelit secara series mulai 2009, terhitung sejak pelepasan kawasan hutan untuk izin sawit tersebut diberikan.

Dalam foto yang Nunu tunjukan, pada 2009 tutupan hutan di Papua masih hijau. Namun, tutupan hutan tersebut mulai berkurang sejak 2011 dan semakin berkurang setiap tahunnya.

“Data liputan satelit tahunan tersebut sangat penting untuk disajikan agar informasi data satelit tidak terputus jika hanya menyajikan foto satelit 2001 dan 2019 saja. Dan gambaran itu jelas membuat persepsi publik yang tidak tepat,” ujarnya.

Dengan data itu, Nunu menilai tak relevan jika menyimpulkan wajah hutan Papua gundul akibat deforestasi dengan melihat dua foto satelit 2001 dan 2019 lantaran luas izin konsesi yang diberikan era SBY tersebut adalah seluas setengah DKI Jakarta.

“Sehingga tidak benar bahwa kesalahan deforestasi dimaksud seperti direkayasa data seolah di era Presiden Jokowi,” katanya.

Sebelumnya, hasil dari perbandingan foto satelit NASA yang diambil pada 2001 dan 2019 menunjukan kawasan hutan Papua selama dua dekade terakhir mengalami deforestasi hingga 750 ribu hektare dalam 18 tahun terakhir.

Peneliti penginderaan jauh NASA David Gaveau menyebut angka tersebut merupakan 2 persen dari keseluruhan wilayah hutan di Papua.

(yla/fra)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *