Kombinasi 4 Semifinalis Piala AFF, Indonesia Dihantui Rekor Buruk



Jakarta, Indonesia —

Timnas Indonesia dihantui rekor buruk gagal ke final jika Singapura, Thailand, dan Vietnam juga tampil sebagai semifinalis dalam ajang Piala AFF.

Skuad Garuda tengah berjuang melangkah menuju podium juara Piala AFF 2020. Tim arahan Shin Tae Yong, yang menjadi juara Grup B, menghadapi Singapura dalam laga semifinal. Sementara dalam laga perebutan tiket final lainnya Thailand berhadapan dengan Vietnam.

Penampilan empat negara dalam semifinal Piala AFF bukan kali pertama terjadi. Indonesia, Singapura, Thailand, dan Vietnam maju bersama sebagai semifinalis pada Piala AFF 1998 dan 2008. Dalam dua perhelatan tersebut, tim Merah Putih gagal melaju ke final.

Pada Piala AFF edisi kedua yang berlangsung 23 tahun silam, Indonesia tampil di semifinal menghadapi Singapura dan Thailand berjumpa Vietnam.

Timnas Indonesia yang diarsiteki Rusdi Bahalwan ketika itu kalah 1-2 dari Singapura. The Lions pun melangkah ke final dan menjadi juara setelah mengalahkan Vietnam di final.

Sepuluh tahun berselang, pada Piala AFF 2008, Indonesia yang dilatih Benny Dollo kembali mentok di semifinal ketika Thailand, Vietnam, dan Singapura juga berstatus sebagai semifinalis.

Saat itu Charis Yulianto dan kawan-kawan ditumbangkan Thailand dalam laga semifinal berformat dua leg. Tim Gajah Perang menembus final dan kemudian menjadi runner up setelah dibekuk Vietnam.

Saat ini Timnas Indonesia di era Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan masih menyisakan satu laga semifinal setelah skor imbang 1-1 menjadi hasil akhir leg pertama.

Witan Sulaeman membawa Indonesia memimpin pada babak pertama sebelum Ikhsan Fandi menyamakan kedudukan pada pertengahan babak kedua.

Leg kedua Indonesia vs Singapura di semifinal Piala AFF 2020 akan berlangsung Sabtu (25/12) malam.

[Gambas:Video ]

(nva/jal)







Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *