Kondisi Haji Lulung dari Dirawat di RS Harapan Kita hingga Wafat



Jakarta, Indonesia —

Politikus PPP yang juga eks Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Abraham Lunggana (Lulung) telah mengembuskan nafas terakhirnya, Selasa (14/12).

Sebelumnya, pria yang pernah menjadi anggota DPR RI dari Fraksi PAN itu dirawat di Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta, karena sakit jantung.

Direktur Pelayanan Medik, Keperawatan dan Penunjang Rumah Sakit Harapan Kita, Dicky Fakhri, mengatakan Lulung sebelumnya di rawat di sana sejak 24 November dengan keluhan kelainan jantung.

“Beliau datang ke sini datang dari RS rujukan sebelumnya di Jakarta juga. Datang dengan keluhan memang kelainan jantung lah, yang mana pompa jantungnya kurang baik pada saat itu,” kata Dicky di RS Harapan Kita, Selasa.

Ia menyebut, pihaknya saat itu langsung membuat tim untuk menangani Lulung. Dari evaluasi medis didapatkan bahwa daya pompa jantung yang kurang baik. Pihaknya, kata dia, berusaha menangani dengan obat-obatan maupun alat yang dimiliki.

“Dalam perkembangannya ada keadaan naik, ada keadaan juga turun. Maksudnya naik itu mencapai normal tidak, tapi ada keadaan sedikit membaik, tapi keadaan menurun,” ujar Dicky.

Ia menjelaskan, dari kondisi Lulung, yang sangat mengganggu adalah gangguan irama jantung. Pihaknya, kata dia, berusaha mengendalikan dengan obat-obatan. Namun tindakan itu tidak sepenuhnya berhasil.

“Sangat susah untuk mengendalikannya, sembuh dalam arti kata bisa sampai 2 hari ya, 4 hari tapi timbul lagi,” katanya.

Ia menyebut, akhirnya dokter pun mengambil tindakan untuk mencari sumber gangguan irama jantung tersebut.

“Tapi dalam perjalanannya sumber kelainannya ketemu, tapi memang pompa jantung makin lama tidak makin baik. Sehingga akhirnya yang kita alami hari ini jam 10.50 beliau dipanggil oleh yang maha kuasa,” ujar Dicky.

(yoa/kid)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *