Kronologi Bentrok Ormas di Karawang Jabar



Jakarta, Indonesia —

Kericuhan yang melibatkan dua organisasi massa atau ormas pecah di sekitar kawasan Karawang, Jawa Barat pada Rabu (24/11) siang. Peristiwa itu terekam oleh kamera dan sempat tersebar di sejumlah platform media sosial.

Kasi Humas Polres Karawang, Ipda Richie mengatakan bahwa peristiwa tersebut merupakan murni kasus perusakan dan penyerangan terhadap salah seorang anggota LSM Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) yang melintas.

“Jadi kronologi perusakan dan penyerangan kendaraan roda empat LSM GMBI di jalan interchange Karawang Barat,” kata Richie saat dikonfirmasi, Rabu (24/11).

Dari sejumlah video yang beredar, terlihat segerombolan orang yang mengamuk dan menghancurkan sebuah mobil di jalan raya tersebut.

Terlihat, ada sejumlah aparat kepolisian yang mencoba untuk menghentikan aksi perusakan tersebut namun tak bisa karena massa yang mengamuk terlampau banyak.

“Sekitar pukul 11.45 WIB ada anggota GMBI dari Jawa Tengah yang salah jalan masuk ke Kota Karawang dan ketemu LSM lain di jalan interchange,” jelasnya.

Richie menyebutkan, perusakan itu bermula saat ada aksi unjuk rasa penyampaian aspirasi ke PT Ichi Karawang yang dilakukan oleh GMBI. Semula, demonstrasi tersebut dapat diamankan oleh polisi, namun kericuhan tak terbendung beberapa waktu kemudian.

Hingga saat ini, kata dia, pihak kepolisian masih melakukan pendalaman terkait dengan aksi perusakan tersebut.

“Anggota Polres Karawang serta Kapolres masih di lapangan untuk pengusutan kasus tersebut,” tukasnya.

(mjo/DAL)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *