Kronologi Seunghan di RIIZE dari Awal Hiatus hingga Hengkang



Daftar Isi



Jakarta, Indonesia

Seunghan mengumumkan resmi keluar dari RIIZE setelah sempat berencana aktif kembali setelah 10 bulan hiatus. Keputusan itu dikonfirmasi Seunghan dan Wizard Production, divisi di SM Entertainment yang mengelola RIIZE.

Idol bernama lengkap Hong Seung-han itu keluar imbas muncul kecaman dari netizen, terutama Korea, terhadap rencana dirinya kembali aktif menjadi member RIIZE secara perlahan mulai November 2024.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Keputusan hengkang itu pun menjadi kelanjutan dari nasib Seunghan yang tidak menentu hingga memisahkan diri dari RIIZE.

Ia semula memutuskan hiatus dengan waktu yang tidak menentu, kemudian sempat bersiap kembali setelah 10 bulan, tetapi akhirnya keluar.


Berikut lini masa perjalanan Seunghan sejak hiatus hingga keluar dari RIIZE.

[Gambas:Video ]

Hiatus – 22 November 2023

Seunghan melakoni debut bersama RIIZE pada September 2023. Boy group itu debut dengan merilis single berjudul Get A Guitar.

Namun, ia memutuskan hiatus dari aktivitas grup pada 22 November 2023. Ia memilih rehat dari kegiatan RIIZE imbas mengalami tekanan mental.

Permohonan itu disepakati SM Entertainment, agensi Seunghan. Sebab, sang idol diterpa berbagai tuduhan, seperti video dan foto kontroversi dari masa trainee yang bocor di internet.

RIIZE kemudian melanjutkan aktivitas dengan formasi enam member, yakni Wonbin, Sohee, Shotaro, Sungchan, Eunseok, dan Anton.

“Seunghan merasakan tekanan mental serta bertanggung jawab soal hal ini. Sehingga setelah merenung, ia menyampaikan niatnya untuk menghentikan aktivitas bersama grup,” ujar SM Entertainment dalam keterangan di media sosial.

“Menghormati pendapatnya yang tidak ingin lagi menimbulkan kerugian kepada tim dan member, kami memutuskan untuk menghentikan aktivitasnya tanpa batas waktu,” lanjut agensi.

Siap comeback – 11 Oktober 2024

Seunghan kemudian menyatakan siap aktif lagi sebagai member RIIZE setelah 10 bulan hiatus. Ia menyatakan kesiapannya setelah merenungi berbagai hal dalam kariernya.

Wizard Production, divisi SM di Entertainment yang mengelola RIIZE, juga membenarkan rencana itu. Seunghan disebut akan mulai aktif menjadi member RIIZE secara bertahap mulai November 2024.

Agensi menjelaskan pihaknya memutuskan memberi Seunghan kesempatan kembali berkiprah sebagai idol setelah melewati berbagai macam diskusi dan perdebatan.

“Oleh karena itu, usai banyak diskusi dengan staf dan anggota mengenai arah aktivitas grup di masa depan, telah diputuskan bahwa Seunghan akan kembali ke grup,” ujar Wizard Production via media sosial, Jumat (11/10).

“Setelah bergabung dengan grup dan melakukan persiapan selama jangka waktu tertentu, kami berencana Seunghan secara bertahap berpartisipasi dalam beberapa aktivitas grup yang dijadwalkan pada November dan menyapa fan kembali,” lanjutnya.

Hengkang – 13 Oktober 2024

Hanya berselang dua hari, Seunghan tiba-tiba mengumumkan keluar dari RIIZE. Ia menyatakan mundur karena gelombang protes dari berbagai fan atas rencana dirinya kembali aktif.

Wizard Production, divisi di SM Entertainment yang menangani RIIZE, kemudian mengonfirmasi kabar dari Seunghan tersebut. Perwakilan dari agensi itu membenarkan sekaligus menjelaskan langkah tersebut diputuskan langsung oleh Seunghan.

Ia disebut ingin keluar dari RIIZE demi para member dan penggemar yang akrab disapa BRIIZE. Agensi juga meminta maaf kepada BRIIZE imbas kebingungan yang muncul dari pengumuman itu.

Saya tidak mau menyebabkan kerusakan untuk para member dan perusahaan. Saya tidak tahu apakan benar baik-baik saja saya bersama grup RIIZE yang seharusnya dicintai. Ketika saya memikirkannya, hanya ada kekhawatiran dan ketakutan yang muncul di pikiran saya,” ungkap Seunghan.

“Jadi saya pikir, keluar dari tim adalah jalan untuk semua. Saya tidak ingin menyebabkan lebih banyak kebingungan dan menyakiti fan, dan saya tidak mau ada kerusakan lagi baik para member dan perusahaan,” lanjutnya.

(chri)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *