Laos, Lumbung Gol Timnas Indonesia di Piala AFF


Jakarta, Indonesia —

Timnas Indonesia punya rekor bagus melawan Laos di Piala AFF. Laos seringkali jadi lumbung gol bagi Skuad Garuda.

Sejak Piala AFF digelar pada 1996, Timnas Indonesia seringkali menunjukkan dominasi penuh atas Laos. Duel Timnas Indonesia vs Laos adalah laga pembuka Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 1996.

Saat itu Timnas Indonesia menang telak dengan skor 5-1 lewat gol-gol dari Fakhri Husaini, Eri Irianto, Kurniawan Dwi Yulianto, Robby Darwis, dan Peri Sandria.

Setelah kemenangan di edisi perdana, Timnas Indonesia baru kembali berjumpa Laos pada Piala AFF 2004. Saat itu Timnas Indonesia lagi-lagi mengakhiri pertandingan dengan kemenangan telak, kali ini dengan skor 6-0.

Kurniawan kembali mencatatkan namanya di papan skor. Selain itu Boaz Solossa dan Ilham Jaya Kesuma masing-masing memberikan dua gol ditambah satu gol lainnya dari Elie Aiboy.

Perjumpaan berikutnya kembali berselang enam tahun yaitu pada Piala AFF 2010. Di laga tersebut, Timnas Indonesia lagi-lagi bisa menang dengan selisih setengah lusin gol.

Timnas Indonesia lalu lebih rutin berjumpa Laos karena kembali berada satu grup di Piala AFF 2012. Dalam pertemuan kali ini, Laos bisa menahan imbang Timnas Indonesia dengan skor 2-2.

Hasil imbang lawan Laos ini yang pada akhirnya turut mempengaruhi kegagalan Timnas Indonesia lolos dari fase grup.

Dua tahun berselang, Timnas Indonesia kembali berjumpa Laos. Kali ini Timnas Indonesia berhasil menang dengan skor telak 5-1. Kapten Timnas Indonesia, Evan Dimas ikut mencetak gol di laga tersebut.




Banner Testimoni

Setelah pertemuan di Piala AFF 2014, Timnas Indonesia tak lagi berjumpa dengan Laos di Piala AFF 2016 dan Piala AFF 2018. Timnas Indonesia baru kembali berduel lawan Laos di Piala AFF 2021.

Duel Timnas Indonesia vs Laos bakal berlangsung pada Minggu (12/12).

[Gambas:Video ]

(ptr/sry)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *