Lengah di Waktu Kritis Problem Indonesia Jelang Lawan Vietnam



Jakarta, Indonesia —

Timnas Indonesia masih kerap lengah memasuki 10 menit terakhir babak pertama dan kedua jelang melawan Vietnam dalam laga lanjutan Grup B Piala AFF 2021, Rabu (15/12) malam WIB.

Timnas Indonesia selalu kebobolan di dua laga awal saat menang 4-2 atas Kamboja dan 5-1 atas Laos. Ironisnya dua gol dari tiga gol yang bersarang ke gawang tim Merah Putih tercipta di 10 menit akhir jelang babak pertama usai.

Di laga melawan Kamboja gawang Timnas Indonesia dua kali kebobolan. Satu dari dua gol Kamboja tercipta pada menit ke-37 melalui Yue Safy.

Tren kebobolan memasuki waktu kritis pertandingan berlanjut saat menang atas Laos. Meski menang 5-1, tim asuhan Shin Tae Yong sempat lengah yang membuat Kydavone Souvanny bisa membobol gawang Ernando Ari Sutaryadi untuk membuat skor jadi 1-2 pada menit ke-41.

Kelengahan para pemain Timnas Indonesia memasuki menit-menit terakhir pertandingan semakin jelas indikasinya jika memasukkan laga uji coba melawan Afghanistan dan pertandingan playoff Kualifikasi Piala Asia 2023.

Saat takluk dari Afghanistan, gawang Timnas Indonesia dibobol lawan melalui gol Omid Popalzay pada menit ke-85. Sedangkan saat menang 2-1 atas Taiwan di leg pertama playoff Kualifikasi Piala Asia 2023, anak asuh Shin Tae Yong lengah sehingga Hsu Heng-pin bisa mencetak gol pada menit ke-90.

Titik lemah ini wajib dibenahi oleh Shin Tae Yong apabila ingin meraih hasil positif melawan Vietnam. Terlebih di laga terakhir mereka, The Golden Stars begitu berbahaya di menit-menit kritis pertandingan.

Di laga kedua, Vietnam berhasil menang dengan skor meyakinkan atas Malaysia dengan skor 3-0. Dari tiga gol yang bersarang ke gawang Harimau Malaya, dua di antaranya tercipta sembilan menit jelang akhir babak pertama dan satu menit jelang akhir dari waktu normal di babak kedua.

Timnas Indonesia sendiri tergolong produktif dengan mencetak 9 gol dari dua laga. Evan Dimas dan kawan-kawan saat ini juga berstatus sebagai pemuncak klasemen sementara Grup B, unggul selisih gol atas Vietnam dan Malaysia yang sama-sama mengoleksi 6 poin.

[Gambas:Video ]

(jal)







Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *