Lengkap 10 Tim, Siapa Saja Lawan Indonesia di Grup B?




Jakarta, Indonesia

Peserta Piala AFF 2024 atau ASEAN Cup dipastikan lengkap 10 tim. Berikut daftar tim kontestan yang tergabung di Grup A dan B.

Babak playoff antara Timor Leste vs Brunei Darussalam sudah tuntas digelar. Timor Leste menang agregat 1-0 dan berhak masuk Grup A.

Kemenangan Timor Leste melengkapi 10 tim peserta di Piala AFF. Dengan demikian, Timor Leste akan tergabung di Grup A bersama Thailand, Malaysia, Singapura, Kamboja, dan Timor Leste.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sementara Grup B dihuni Indonesia, Vietnam, Filipina, Myanmar, dan Laos. Indonesia dan Vietnam jadi dua tim terfavorit lolos ke babak berikutnya.

Seperti yang sudah-sudah, dua tim teratas di masing-masing grup berhak lolos ke semifinal. Juara Grup A akan bertemu runner-up Grup B, sedangkan juara Grup B akan menghadapi runner-up Grup A.

Adapun babak semifinal hingga final akan digelar dengan sistem dua leg, yakni kandang dan tandang.

Timnas Indonesia tetap dipimpin Shin Tae Yong karena putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 bakal rehat di akhir tahun. Namun, STY kemungkinan akan menggunakan para pemain U-23.

Strategi itu dilakukan karena pelatih asal Korea Selatan bakal sulit memanggil pemain keturunan yang berkarier di Eropa. Pasalnya Piala AFF tidak masuk dalam kalander resmi FIFA.

Piala AFF 2024 akan berlangsung mulai 8 Desember 2024. Awalnya AFF menetapkan kejuaraan dwitahunan Asia Tenggara ini akan berlangsung pada 23 November dengan sistem kandang-tandang.

Timnas Indonesia dijadwalkan menjalani laga pertama Piala AFF 2024 dengan laga tandang melawan Myanmar pada 9 Desember. Setelah itu giliran Indonesia jadi tuan rumah saat melawan Laos pada 12 Desember.

Daftar Peserta Piala AFF 2024

Grup A
1. Thailand
2. Malaysia
3. Singapura
4. Kamboja
5. Timor Leste.

Grup B
1. Indonesia
2. Vietnam
3. Filipina
4. Myanmar
5. Laos.

[Gambas:Video ]

(jun/ptr)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *