Lexus Punya Mobil Listrik Baru RZ, Gunakan Sasis Toyota bZ4X



Jakarta, Indonesia —

Lexus menggoda publik dengan foto-foto mobil listrik terbaru, RZ, yang diduga bakal meluncur pada 2023. Mobil ini menggunakan platform khusus mobil listrik e-TNGA yang sama dipakai Toyota bZ4X dan Subaru Solterra.

Lexus sebelumnya sudah punya mobil listrik UX 300e, penjualannya saat ini masih terbatas di China, Indonesia, dan Australia. Namun RZ berbeda lantaran platformnya terdedikasi khusus.

Toyota sudah memperkenalkan bZ4X pada Oktober lalu dan direncanakan meluncur pada pertengahan 2022. RZ diperkirakan bakal memakai banyak teknologi yang sama namun akan ada berbagai detail spesial tambahan khas Lexus.

Sejauh ini Lexus belum membeberkan spesifikasi RZ, meski begitu diprediksi bakal memiliki tenaga lebih besar dari 218 hp pada bZ4X yang didapat dari motor elektrik di roda depan dan belakang.

Toyota bZ4X tersedia dua pilihan penggerak, roda depan (FWD) dan semua roda (AWD). Keduanya menggendong baterai lithium-ion yang diposisikan rata di lantai dengan tegangan total 355 volt.

Car and Driver menjelaskan, berdasarkan informasi paten yang sudah diketahui, Lexus bakal menjual RZ menggunakan nama RZ450e. Mobil ini diduga memakai konfigurasi dua motor elektrik bernama Direct4 yang menawarkan kemampuan AWD.

RZ dikatakan bakal dijual pada 2023. Selain RZ450e sebagai opsi standar, disebut juga akan ada varian F Sport yang lebih mahal.

(fea/fea)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *