Link Live Streaming Gerhana Matahari 4 Desember di Antartika



Jakarta, Indonesia —

Gerhana Matahari terakhir di tahun 2021 akan terjadi pada Sabtu (4/12), namun masyarakat Indonesia hanya bisa menyaksikan streaming, lantaran hanya bisa disaksikan di Antartika.

Fenomena gerhana Matahari total bisa dibilang langka, sebelumnya gerhana Matahari total di Antartika dalam seri Saros 152 sudah pernah terjadi pada 23 November 2003 dan akan terjadi lagi pada 15 Desember 2039 dan 26 Desember 2057.

Peneliti di Pusat Riset Antariksa LAPAN, BRIN, Andi Pangerang mengatakan sayang nya gerhana Matahari total hanya bisa disaksikan secara langsung wilayah Antartika.

“Sejak pukul 07.03-08.04 universal time wilayah Antartika yang terkena umbara Bulan akan mengalami gerhana Matahari total dengan durasi totalitas antara 90-116 detik,” ujar Andi seperti dikutip situs resmi.

Gerhana Matahari total terjadi ketika Bulan menempati posisi antara Matahari dan Bumi dalam satu garis lurus. Hal ini memungkinkan Bulan membuat bayangan di Bumi penuh, atau sebagian menghalangi cahaya Matahari.

Orang yang tinggal di pusat bayangan Bulan dapat melihat gerhana total, ketika langit berubah menjadi gelap. Satu-satunya tempat di Bumi di mana gerhana matahari total akan terlihat pada 4 Desember adalah Antartika.

Untuk menyaksikan fenomena gerhana Matahari total di Antartika dapat mengunjungi link YouTube Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) dengan mengunjungi link berikut.

Anda juga bisa streaming gerhana matahari 4 Desember langsung lewat situs resmi NASA.

NASA menyebut akan mulai melakukan live streaming gerhana Matahari total mulai pukul 12.00 IST atau pukul 13.30 WIB. Gerhana akan dimulai setengah jam kemudian dan fase fenomena gerhana Matahari total akan dimulai pada 13.14 IST atau pada 14.44 WIB.

NASA lebih lanjut memperingatkan agar tidak melihat Matahari secara langsung selama gerhana. Sebagai gantinya, disarankan untuk melihat Matahari menggunakan kacamata khusus selama fenomena berlangsung.

Meskipun hanya Antartika yang bisa menyaksikan gerhana Matahari total, namun ada beberapa wilayah yang bisa menyaksikan fenomena Matahari kurang dari 10 persen diameter Matahari, seperti Saint Helena, Namibia, Lesotho, Afrika Selatan, Georgia Selatan dan Kepulauan Sandwich, Kepulauan Crozet, Kepulauan Falkland, Chili, Selandia Baru, dan Australia.

Sedangkan di Kepulauan Malvinas dan Tierra del Fuego akan mengalami Gerhana Matahari Sebagian dengan lebar gerhana antara 10-40 persen diameter Matahari.

Georgia Selatan dan Kepulauan Sandwich Selatan mengalami Gerhana Matahari Sebagian dengan lebar gerhana antara 93-97 persen diameter Matahari.

Itulah lokasi dan link streaming untuk menyaksikan Gerhana Matahari 4 Desember 2021 nanti.

(can/fjr)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *