Link Live Streaming Sidang Isbat 1 Syawal 1443 H



Jakarta, Indonesia

Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang Isbat untuk menentukan 1 Syawal 1443 H atau Hari Raya Idul Fitri 2022 pada Minggu (1/5) sekitar pukul 19.00 WIB.

Sebelumnya, Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama, Kamaruddin Amin menyatakan posisi hilal di Indonesia pada 1 Mei 2022 sudah terlihat secara hisab, atau secara perhitungan.

Kamaruddin menjelaskan tinggi hilal di Indonesia pada 1 Mei antara 4 derajat 0,59 menit sampai 5 derajat 33,57 menit dengan sudut elongasi antara 4,89 derajat sampai 6,4 derajat.

“Artinya, secara hisab, pada hari tersebut posisi hilal awal Syawal di Indonesia telah masuk dalam kriteria baru MABIMS,” ujar Kamaruddin dalam keterangan resminya, Senin (25/4).

Selain Kemenag, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) serta Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga memprediksi hilal akan terlihat pada Minggu (1/5).

Kepala Pusat Seismologi Teknik, Geofisika Potensial dan Tanda Waktu BMKG Rahmat Triyono menyatakan prediksi tersebut berdasarkan hasil penghitungan (hisab) yang dilakukan BMKG.

“Berdasarkan data-data tersebut di atas, pengamatan rukyat hilal pada 1 Mei 2022 hilal berpotensi terlihat (teramati), namun tergantung kondisi cuaca saat pengamatan di setiap lokasi pengamatan,” jelas Rahmat melalui keterangan tertulis, Jumat (22/4).

Kemudian BRIN juga turut memberikan prediksi serupa. Profesor Riset Astronomi-Astrofisika BRIN Thomas Djamaluddin memperkirakan 1 Syawal 1443 Hijriah akan jatuh pada Senin, 2 Mei.

“Posisi kriteria berada di area perbatasan. Wilayah Sabang sedikit memenuhi kriteria. Dengan hisab yang dilakukan di Sumatra juga memenuhi kalau menggunakan elongasi geosentrik. Hasil rukyat, pada sidang isbat akan diterima, ini akan seragam pada 2 Mei 1 Syawal-nya,” kata Thomas dalam diskusi daring yang diikuti dari Jakarta, Selasa (19/4), dikutip dari Antara.

Untuk mengkonfirmasi perhitungan-perhitungan tersebut, sidang Isbat akan digelar Kemenag pada malam ini pukul 19.00 WIB. Tautan sidang tersebut dapat dilihat di sini.


(lmy/ugo)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *