London Tetapkan Penyebaran Omicron Sebagai Insiden Besar



Jakarta, Indonesia —

Walikota London Sadiq Khan pada Sabtu (18/12) menyatakan penyebaran Covid-19 varian Omicron di ibukota Inggris sebagai ‘insien besar’.

Insiden besar didefinisikan sebagai peristiwa dengan konsekuensi serius yang membutuhkan aturan spesial untuk diimplementasikan. Aturan itu bertujuan membantu pemerintah agar mengurangi gangguan layanan di kota.

Khan sudah pernah menyatakan insiden besar sebelumnya, yakni pada 8 Januari saat mengalami gelombang virus sebelumnya. Namun perintah ini dibatalkan sebulan kemudian karena jumlah kasus mereda.

“Lonjakan kasus varian Omicron di seluruh ibukota kami sangat mengkhawatirkan, jadi kami sekali lagi menyatakan insiden besar karena ancaman Covid-19 ke kota kami,” ucap dia diberitakan AFP.

“Itu tepat agar lembaga-lembaga kunci di London dapat bekerja sama untuk meminimalkan dampak pada kota kami, termasuk membantu melindungi program vital vaksinasi,” katanya lagi.

Sekitar 26.418 kasus Covid-19 baru dilaporkan selama 24 jam terakhir di London, ini merupakan yang tertinggi semasa pandemi. Sementara itu ada lebih dari 65 ribu kasus Covid-19 di London selama tujuh hari terakhir.

Inggris telah mencatat rekor jumlah kasus selama tiga hari berturut dalam sepekan. Pada Sabtu jumlah kasus baru sebanyak 90.418.

(fea)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *