Madam Pang, Miliarder Wanita Manajer Timnas Thailand



Jakarta, Indonesia —

Manajer timnas Thailand, Nualphan Lamsam atau yang dijuluki Madam Pang, menjadi sorotan ketika sukses mengalahkan Indonesia 4-0 pada leg 1 final Piala AFF 2020 (2021), Rabu (29/12).

Madam Pang menjadi sosok yang paling mencolok di bangku cadangan timnas Thailand setiap tim Gajah Perang merayakan gol ke gawang Indonesia. Pasalnya, Nualphan merupakan satu-satunya wanita di bench Thailand.

Madam Pang merupakan wanita kelahiran Bangkok, Thailand, 21 Maret 1966. Di luar dunia sepak bola, wanita 55 tahun ini merupakan politikus dan pebisnis.

Nualphan tercatat sebagai anggota Partai Demokrat Thailand dan pernah menjabat sebagai asisten sekjen partai tersebut dari 2006 hingga 2016.

Di dunia bisnis, Madam Pang menjabat sebagai Presiden dan CEO Muang Thai Life Assurance, salah satu perusahaan asuransi terbesar di Thailand. Nualphan merupakan anggota keluarga Lamsam yang memiliki Kasikorn Bank.

Madam Pang juga memiliki banyak pengalaman di dunia sepak bola. Pada 2015, Nualphan membeli klub Liga Thailand, Port FC, dan kemudian menjadi presiden klub.

Di level tim nasional, Nualphan merupakan manajer timnas wanita Thailand yang sukses lolos ke putaran final Piala Dunia pada 2015 dan 2019. Setelah itu Madam Pang dipercaya menjadi manajer timnas Thailand U-23.

Federasi Sepak Bola Thailand (FAT) kemudian menunjuk Madam Pang menjadi manajer timnas Thailand pada Agustus 2021. Nualphan saat ini rangkap jabatan di dua timnas Thailand.

Status Madam Pang sebagai pengusaha yang menyukai sepak bola menguntungkan timnas Thailand. Nualphan selalu memberi motivasi skuad timnas Thailand dengan suntikan bonus. Madam Pang sudah mempersiapkan bonus 26 juta baht atau setara Rp11,1 miliar bagi timnas Thailand jika mampu menjadi juara Piala AFF 2020.

[Gambas:Video ]

(har)







Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *