Malaysia Temukan Jasad Hanyut, Diduga Korban Kapal TKI Tenggelam



Jakarta, Indonesia —

Pihak berwenang Malaysia menemukan satu jasad yang diyakini korban kapal pengangkut TKI ilegal tenggelam di perairan Sekinchan, Selangor pada Selasa (24/12).

Kapal tersebut dikabarkan berangkat dari Batu Bara, Sumatra Utara, menuju Sekinchan dan tenggelam di perairan perbatasan antara Indonesia dan Malaysia.

“Pihak otoritas Malaysia menemukan satu jenazah yang hanyut, diduga salah satu korban kapal tenggelam, dan saat ini telah dibawa ke Rumah Sakit di Selangor untuk proses identifikasi oleh Kepolisian Malaysia,” tutur Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur melalui pernyataan, Rabu (29/12).

Pihak KBRI Kuala Lumpur menyampaikan, proses pencarian dan patroli di sekitar lokasi kejadian masih terus dilakukan oleh otoritas Malaysia dan RI. Meski demikian, KBRI menuturkan masih belum mengetahui jumlah pasti WNI yang diangkut dalam kapal itu.

Namun, KBRI menuturkan terdapat korban yang selamat maupun meninggal dunia dan telah dievakuasi oleh kapal nelayan Malaysia kemudian diserahkan ke kapal nelayan Indonesia.

“Belum diketahui secara pasti jumlah WNI penumpang boat tsb, namun dalam pemberitaan sebelumnya disebutkan kapal boat memuat sebanyak 57 penumpang dan 4 orang ABK,” kata KBRI.

Sebelumnya, duta besar RI untuk Malaysia Hermono, mengatakan tiga kapal nelayan Malaysia menemukan kapal ini tenggelam sekitar pukul 10.00 waktu lokal pada Sabtu (25/12). Saat itu, nelayan Malaysia menemukan sekitar 20 orang berada di dekat kapal tenggelam.

“Semua korban yang meninggal dan selamat telah dibawa ke Tanjung Balai (Batu Bara). Setahu saya ada 10 (orang yang tewas) tapi beberapa yang masih hilang saya kurang tahu jumlahnya,” kata Hermono.

Ketika ditanyai soal jenazah WNI yang menjadi korban insiden ini, Hermono menyampaikan pihak KBRI baru menangani satu jenazah yang ditemukan nelayan Malaysia.

“Sekarang belum tau identitas korban karena masih dilakukan post mortem.”

Hermono juga menyampaikan, setidaknya ada sepuluh WNI yang tewas dalam insiden ini.

(pwn/rds)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *