Manfaat Toner yang Mengandung Salicylic Acid


Jakarta, Indonesia —

Salicylic acid atau asam salisilat merupakan bagian dari komponen BHA (beta hydroxy acid) yang terkenal dengan kemampuannya dalam melawan noda pada masalah kulit.

Saat ini, ada banyak rangkaian skincare dengan kandungan bahan salicylic. Salah satunya adalah toner.

Manfaat toner yang mengandung salicylic acid dipercaya efektif mengangkat penumpukan sel-sel kulit mati penyebab kusam.

Selain digunakan pada toner, asam salisilat sering dimanfaatkan ke dalam serum, cleansing oil, atau face remover.

Manfaat Toner Salicylic Acid




ilustrasi skincare, tonerIlustrasi. Manfaat toner yang mengandung salicylic acid dipercaya efektif mengangkat penumpukan sel-sel kulit mati penyebab kusam. (iStockphoto/Margarita Kheruimova)

Dilansir Good Housekeeping, manfaat toner salicylic acid cukup banyak dan tidak hanya mengatasi kulit kusam.

1. Merawat pori-pori

Pori-pori terbuka adalah permasalahan kulit yang sering terjadi sebab memengaruhi tampilan menjadi mudah berjerawat atau muncul komedo.

Toner berbahan asam salisilat diklaim dapat merawat pori-pori besar supaya tampak samar dan mencegah berbagai kotoran, debu, sisa makeup supaya tidak menyumbat kulit.

2. Anti bakteri

Manfaat toner yang mengandung salicylic acid sangat bersahabat bagi Anda pemilik kulit berjerawat (acne prone skin).

Ketika diaplikasikan pada kulit, asam salisilat akan bekerja sebagai anti jamur untuk membasmi bakteri penyebab jerawat sehingga efek kemerahan cepat memudar.

3. Eksfoliasi

Toner salicylic acid juga bisa menjadi eksfoliator bagi kulit khususnya dalam mengangkat sel-sel kulit mati seperti bekas jerawat hitam yang membuat wajah kusam.

Manfaat lain yang dimiliki salicylic acid yaitu efektif melunakkan whitehead dan blackhead komedo, sekaligus membuat regenerasi kulit jadi lebih baik.

4. Mencerahkan kulit

Perawatan rutin menggunakan toner asam salisilat memang berfungsi mencerahkan kulit sebab sel kulit mati Anda mudah terangkat.

Kulit mati yang sudah terbuang akan diganti dengan lapisan kulit baru sehingga wajah tampak bersih, lembap, dan sehat.

5. Kurangi minyak berlebih




ilustrasi skincareIlustrasi. Manfaat toner yang mengandung salicylic acid dipercaya efektif mengatasi masalah kulit. (iStockphoto/ake1150sb)

Kulit yang berminyak memang rentan mengalami masalah seperti pori-pori besar, mudah berjerawat dan komedo.

Asam salisilat ini dapat menembus ke dalam pori-pori untuk memecah sebum (zat minyak) lalu membersihkan penyumbatan penyebab berjerawat.

Cara Aman Menggunakan Salicilyc Acid

Kadar salicylic acid pada toner biasanya berbeda-beda, sedangkan untuk pemula yang baru ingin mencoba, sebaiknya pilih takaran paling rendah sekitar 2 persen.

Meski jumlah asam salisilat yang digunakan minim, efeknya masih cukup efektif untuk eksfoliasi tanpa berisiko terkena iritasi.

Apabila kulit Anda sudah mulai terbiasa bisa tingkatkan kadar salicylic acid ke 8 persen dan gunakan 3 kali seminggu di skincare pagi serta malam.

Efek Samping Salicylic Acid

Manfaat salicylic acid memang lebih ampuh pada kondisi kulit berjerawat dan berminyak, sedangkan kulit sensitif dianggap kurang toleransi.

Toner asam salisilat yang diaplikasikan ke kulit sensitif dapat memperburuk keadaan sehingga menyebabkan kulit kering, pengelupasan, terasa perih.

Jika hal itu terjadi, maka sebaiknya hentikan pemakaian dan segera melakukan pemeriksaan ke dokter dermatologis.

Manfaat toner yang mengandung salicylic acid jika dicampur dengan skincare berbahan AHA/BHA masih aman.

Tapi, asam salisilat tidak bisa dicampur bersama jenis asam lain yang seperti retinol atau retinoid karena berisiko menimbulkan iritasi.

(avd/asr)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *