Ma’ruf akan Dampingi Jokowi Peringati Hakordia di KPK Besok



Jakarta, Indonesia —

Wakil Presiden Ma’ruf Amin dijadwalkan menemani Presiden Joko Widodo menghadiri acara peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) yang akan digelar di kantor KPK, Kuningan, Jakarta, Kamis besok (9/10).

Juru Bicara Bidang Pencegahan KPK, Ipi Maryati Kuding mengatakan, Jokowi rencananya akan membuka langsung peringatan Hakordia besok. Ma’ruf Amin akan menutup acara.

“Dijadwalkan Presiden Joko Widodo akan membuka kegiatan tersebut secara langsung. Demikian juga Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin akan menutup kegiatan secara langsung,” ujar Ipi dalam keterangannya, Rabu (8/12).

Dia mengatakan peringatan Hakordia di KPK akan digelar secara daring. Hanya beberapa orang yang akan hadir secara langsung di lokasi dengan protokol kesehatan ketat.

Nantinya, kata Ipi, rangkaian acara tersebut juga akan disiarkan langsung melalui akun YouTube KPK. Dengan begitu masyarakat bisa ikut menyaksikan.

“Rangkaian kegiatan juga akan disiarkan secara langsung dan masyarakat dapat mengikutinya melalui akun Youtube KPK,” kata dia.

Kehadiran Jokowi ke KPK menjadi kali pertama sejak sejak 2016 saat peresmian Gedung Putih. Mantan Wali Kota Solo itu pernah beberapa kali menghadiri Hakordia yang digelar KPK. Namun, perhelatan itu dilakukan di luar kantor KPK.

Hari Antikorupsi Dunia atau International Anti-Corruption Day diperingati setiap 9 Desember. Peringatan tahunan itu ditetapkan oleh Persatuan Bangsa-Bangsa pada 31 Oktober 2003.

PBB mencatat uang yang dikorupsi di seluruh dunia menembus US$2,6 triliun setiap tahun. Sebagai hari kampanye, Hakordia oleh karenanya diharapkan menyadarkan masyarakat bahwa setiap individu berperan dalam mencegah korupsi.

(thr/bmw)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *