Massa Gerakan Kotak Kosong Geruduk Arena Debat Pilwalkot Surabaya




Surabaya, Indonesia

Sejumlah orang dari gerakan kotak kosong mendatangi arena debat perdana Pemilihan Wali Kota Surabaya 2024, di Dyandra Convention Center, Rabu (16/10) malam.

Pantauan di lokasi, massa memadati area depan Dyandra. Mereka memakai kaus hitam bertuliskan ‘Keadilan Rakyat #Cobloskotakkosong Keadilan tertinggi ada pada Rakyat. Pilkada dikuasai Elit, Rakyat No Manfaat’.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Massa gerakan kotak kosong ini mengancam akan membubarkan jalannya debat publik karena tuntutan perwakilan massa untuk mengikuti jalannya debat tak diakomodir oleh KPU. Mereka kecewa Pilkada Kota Surabaya hanya diikuti paslon tunggal Eri Cahyadi-Armuji.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya Soeprayitno atau Nano langsung menemui massa untuk melakukan audiensi.

Salah satu elemen gerakan kotak kosong di Surabaya, yakni Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Jawa Timur, melalui ketuanya Heru Satrio mengatakan pihaknya menuntut KPU Surabaya untuk menyediakan kursi kosong di panggung dalam perhelatan debat perdana Pilwalkot Surabaya 2024.

Kursi itu nantinya akan dipakai perwakilan massa kotak kosong. Mereka ingin berdebat berhadapan dengan paslon tunggal Eri-Armuji.

“Kami ingin kursi kosong itu ditampilkan sebagai bentuk demokrasi. Bahwa kotak kosong itu sah menjadi sebuah pilihan. Dalam debat publik yang menggunakan anggaran rakyat ini harus balance harus ada perlakuan yang sama,” kata Heru.

Heru dan MAKI Jatim sebagai perwakilan massa kotak kosong kemudian melakukan audiensi dengan KPU dan Bawaslu Surabaya selama satu jam.

Setelah audiensi, KPU Kota Surabaya, kata Heru merasa keberatan menyediakan kursi untuk kotak kosong di atas panggung saat debat Pilwalkot Surabaya 2024 berlangsung.

Menurut Heru, audiensi sempat berjalan alot. Meskipun demikian semua pihak telah bersepakat karena presenter debat akan terus menyebut kotak kosong sepanjang acara.

“Setelah panjang lebar akhirnya kita sepakat di satu titik bahwa MC dalam kegiatan nanti ini akan menyampaikan keberadaan paslon kotak kosong,” ujarnya.

Heru mengatakan Bawaslu Surabaya juga berjanji akan memperingatkan KPU Surabaya dan menegur pembawa acara debat bila tidak menyebut kotak kosong. Usai audiensi massa gerakan kotak kosong kemudian pergi meninggalkan Dyandra Conventions Center.

Sementara Ketua KPU Surabaya Soeprayitno menjelaskan, pihaknya hanya mengundang Eri Cahyadi-Armuji, ketua partai politik dan tim pemenangan paslon pada debat perdana Pilwalkot Surabaya dengan tema pelayanan dan kesejahteraan masyarakat.

“Itu yang terundang pihak paslon, tim pemenangan terus sama perwakilan partai politik,” kata Nano, sapaan akrabnya.

Nano mengatakan pihaknya pun tidak bisa mengundang perwakilan atau massa gerakan kotak kosong saat debat. Pasalnya, dalam regulasi mereka tidak dianggap sebagai peserta.

“Jadi di sini diksinya bukanlah peserta, di ketentuan kami tidak ada keharusan mengundang mereka. Terus kalau mengundang [kotak kosong], itu mau mengundang siapa,” kata dia.

Nano menyebut karena hanya diikuti paslon tunggal debat publik Pilwalkot Surabaya 2024 hanya akan dilaksanakan dengan mekanisme menyampaikan dan penajaman visi-misi saja.

“Meskipun diksinya adalah debat publik, dan di Surabaya cuma satu pasangan calon, maka sesuai PKPU Nomor 1363 Tahun 2024, yang ada nanti adalah paparan visi-misi pasangan calon, disusul dengan penajaman atas visi misi yang disampaikan oleh pasangan calon,” ujarnya.

Nano juga menjelaskan, penajaman visi-misi calon tunggal Pilwali Surabaya 2024 itu dilakukan dalam beberapa segmen, di mana pertanyaan-pertanyaan tersebut disusun oleh para panelis yang telah ditunjuk KPU Kota Surabaya.

Ia menyebut ada empat panelis berlatar belakang akademisi dan berasal dari sejumlah perguruan tinggi di Surabaya, dan seorang juga berlatar belakang profesional.

(frd/fra)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *