Melon ‘Sultan’ Ini Dihargai Rp3,1 Juta per Buah, Apa Istimewanya?




Jakarta, Indonesia

Melon boleh jadi dianggap sebagai buah umum yang murah dan mudah didapat. Tapi di Jepang, ada melon yang dihargai jutaan rupiah per buahnya.

Melon itu dikenal dengan sebutan ‘the crown melon’. Dari luar, melon ini tampak seperti melon lainnya. Namun, jika diperhatikan dengan detail, melon ini memiliki tangkai berbentuk T yang khas.

Melansir Food Republic, melon ini umumnya dihargai US$200 atau sekitar Rp3,1 juta per buah. Melon ini menjadi bagian dari tradisi pertanian Jepang yang kaya akan buah-buahan istimewa.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

The crown melon secara khusus ditanam di Prefektur Shizuoka di pesisir Jepang. Tanaman ini telah mulai ditanam sejak satu abad yang lalu.

Meski melon ini terlihat mirip seperti melon pada umumnya dengan daging yang berwarna hijau muda, tapi the crown melon lebih istimewa.

The crown melon memiliki rasa yang manis dan lembut. Namun, karena penanamannya yang rumit, melon ini jauh lebih manis daripada jenis melon lainnya.

Saat matang, melon ini mengeluarkan aroma yang kuat dan musky. Saat dibuka dan diiris, tampak daging buah melon yang hijau pucat, berair, dan tampak meleleh.

Pada bagian tengah buah, daging melon terasa sangat lembut dan halus, seolah-olah buah satu ini hadir tanpa serat sama sekali.

Melon ini ditanam dengan konsep isolasi di tempat yang lebih tinggi dari tanah. Pada hari yang cerah, tanaman ini akan ditutup agar tidak terbakar sinar matahari.

Melon ini umumnya membutuhkan waktu 100 hari untuk matang. Selama waktu itu, suhu dan air dikontrol dengan cermat untuk menghasilkan buah yang paling manis. Sedikit variasi suhu atau hidrasi bahkan bisa memengaruhi tampilan dan rasa melon.

Melon ini tersedia secara daring di Jepang. Biasanya, melon dijual mulai harga US$120 (Rp1,9 juta) hingga ratusan dolar, tergantung pada kualitas.

Namun demikian, sebagian besar pengecer tidak mengirimkan melon ini ke luar negeri. Artinya, jika penasaran dengan rasa ‘melon sultan’, Anda perlu bertandang ke Jepang.

(asr/asr)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *