Mendadak Tengok Ibu, Mahfud Batal Hadir Pelantikan Prabowo-Gibran




Jakarta, Indonesia

Eks cawapres nomor urut 3 di Pilpres 2024, Mahfud MD, batal menghadiri pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di MPR, Jakarta, Minggu (20/10) ini.

Mahfud mengaku seharusnya pagi ini dirinya bersiap-siap untuk berangkat ke Gedung MPR untuk memenuhi undangan pembacaan sumpah presiden-wapres oleh pemenang Pilpres 2024 itu di depan Sidang MPR. Namun, katanya, dia tiba-tiba harus melihat ibundanya di Surabaya, Jawa Timur.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pagi seharusnya saya siap-siap ke Gedung MPR untuk menghadiri pelantikan presiden. Tetapi tiba-tiba saya harus menengok Ibu di Surabaya. Saya sudah beritahukan kepada Pimpinan MPR bahwa saya absen pada acara di MPR. Ibu saya sudah berusia 94 tahun, mudah-mudahan disehatkan oleh Allah SWT,” demikian tulis Mahfud di akun media sosial X miliknya, Minggu pagi.

Pada Pilpres 2024 lalu, Mahfud berpasangan dengan politikus PDIP Ganjar Pranowo sebagai capres. Seperti Mahfud, Ganjar pun diundang ke Sidang MPR hari ini, dan sejauh ini dia menyatakan bakal hadir.

Rival lain di Pilpres 2024 yakni eks capres nomor urut 1 Anies Baswedan pun diundang ke MPR, dan sudah menyatakan bakal hadir pula.

Sementara itu, cawapres Anies di Pilpres 2024 yakni Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin saat ini sudah di barisan Prabowo-Gibran.

Kemungkinan pula dia menjadi menteri setelah dipanggil ke Rumah Prabowo di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan lalu ikut pembekalan di Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pekan ini.

Selain Mahfud, tokoh yang kemungkinan batal hadir di Sidang MPR peresmian kepresidenan Prabowo hari ini adalah Ketua Umum PDIP yang juga Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri.

Tak hadirnya Mega itu dikabarkan Ketua MPR Ahmad Muzani karena yang bersangkutan masih sakit. Namun sebagai gantinya, Megawati telah memerintahkan seluruh anggotanya untuk hadir di kompleks parlemen pada hari ini.

“Sebagai gantinya telah menginstruksikan kepada seluruh anggota fraksi PDIP agar seluruhnya hadir 110 dan mensukseskan acara besok dan memerintahkan agar mereka tidak diperkenankan keluar negeri termasuk keluar kota karena wajib datang besok,” kata Muzani di kompleks parlemen, Jakarta Pusat, Sabtu (19/10).

“Ibu Mega kondisinya kurang fit dan flu maka ibu memutuskan untuk beristirahat. Pesan itu disampaikan melalui Ketua fraksi MPR PDIP Ahmad Basarah,” imbuh Muzani.

(kid)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *