Mengenang Kembali Serial Hit TVRI ’80-an, Losmen



Jakarta, Indonesia —

Losmen Bu Broto yang akan rilis pada Kamis (18/11) merupakan film yang diangkat dari serial hit dari dekade ’80-an bertajuk Losmen dan tayang di TVRI. Serial itu adalah kenangan tersendiri bagi penonton

Kisah Losmen sendiri tak jauh berbeda dengan versi film, menyoal kehidupan keseharian Keluarga Broto yang mengelola sebuah losmen atau penginapan bertema Jawa.

Keluarga Broto terdiri dari Bu Broto (Mieke Wijaya), Pak Broto (Mang Udel), Jeng Pur (Ida Leman), Jeng Sri (Dewi Yull), dan Tarjo (Mathias Muchus).

Dikisahkan, bisnis losmen ini semula berjalan tidak mudah karena persaingan yang sengit antar losmen yang sudah ada lebih dulu. Namun Keluarga Broto tidak menyerah dan berhasil membangun losmen ini.

Losmen Keluarga Broto ini pun akhirnya dikenal di kalangan wisatawan. Bukan hanya karena budayanya yang kental akan suasana Jawa, tetapi juga karena keramahan dan kebersihannya.

Usaha losmen ini dikepalai langsung oleh Bu Broto (Mieke Wijaya). Dengan tangan dinginnya dalam mengelola losmen, usaha penginapan ini pun berjalan dengan baik.

Keunikan losmen ini semakin bertambah dengan karakter-karakter yang membekas di hati penonton. Mulai dari Pak Broto yang gemar bernyanyi keroncong dengan ukulele, hingga Tarjo yang digambarkan sebagai lulusan sarjana yang masih sibuk dengan kegiatan kampus.

Losmen yang dijalankan oleh Keluarga Broto ini memiliki kenangan tersendiri bagi penonton televisi pada masa tersebut. Kisahnya yang menggambarkan keseharian keluarga dianggap terhubung dengan masyarakat kala itu.

Apalagi serial yang digarap oleh Tatiek Maliyati WS dan Wahyu Sihombing ini menyelipkan sejumlah unsur komedi melalui percakapan dan tingkah laku para pemainnya.

Belum lagi sejumlah selipan informasi umum dalam percakapannya, seperti ketika Bu Broto dan timnya mempersiapkan kedatangan tamu dari Jepang dan membahas budaya dari negeri tersebut.

lanjut ke sebelah..

[Gambas:Youtube]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *