Mengunjungi ‘Bayi Naga’ di Gua Postojna Slovenia



Jakarta, Indonesia —

Atraksi Gua Postojna, satu jam dari Ljubljana, ibukota Slovenia, memang tak pernah membosankan. Dengan kereta mini, pengunjung bisa menikmati suasana gua sepanjang 24 kilometer perjalanan di kedalaman 115 meter.

Bagian yang mendebarkan tentu saja saat melewati celah-celah sempit selebar satu meter. Namun satu hal yang justru bisa jadi atraksi utama adalah Olms, si ‘bayi naga’ penghuni gua Postojna.

Anda tidak akan menemukan ‘bayi naga’ ini di tempat lain di bumi.

Olm atau Proteus anguinus merupakan salamander buta dengan panjang 25 cm. Julukan ‘bayi naga’ diberikan penduduk setempat karena mereka hanyut dari Postojna saat banjir.

‘Cocokologi’ yang menarik sebab ada makhluk mirip ular, memiliki kaki mini dan tinggal di gua. Apa lagi kalau bukan naga?

Mereka lebih mirip salamander yang tidak beranjak dewasa. Salamander umumnya memulai hidup mereka di air seperti olm, namun perlahan terbentuk paru-paru dan mulai berjalan di darat. Sementara olm tetap mempertahankan kaki mini, insang serta hidup di air.

Pengunjung akan menemukan ‘bayi naga’ berenang di antara bebatuan di akuarium khusus. Sekilas mereka seperti mainan plastik dengan kulit putih-pink, bukan sisik plus anggota badan mirip jari.

Mereka buta tapi mungkin peka terhadap getaran sebab satu ekor ‘bayi naga’ menempelkan dirinya di kaca mendekati wajah pengunjung yang mengintip akuarium.

“Para Olm di tangki gua mendengar Anda, menjadi ketakutan dan mengambil posisi aman mereka,” kata Primoz Gnezda, ahli biologi muda, selama tur Vivarium mengutip dari .

lanjut ke sebelah…

Mengunjungi ‘Bayi Naga’ di Gua Postojna Slovenia


BACA HALAMAN BERIKUTNYA



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *