Menkes Datangkan Obat Covid-19 Molnupilavir Pekan Depan



Jakarta, Indonesia —

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan obat virus corona (Covid-19) merek Molnupiravir akan datang pada pekan pertama Januari 2022.

“Mudah-mudahan Januari. Minggu depan,” kata Budi di Kantor Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan(PMK), Jakarta Pusat (29/12).

Selain Molnupilavir, Budi menyebut obat Covid-19 Paxlovid juga dijadwalkan datang pada Januari. 

“Paxlovid, insyaallah di bulan Januari sudah bisa kita datangkan,” ucap dia, tanpa merinci jumlah dosisnya.

Berdasarkan penelitian, Molnupiravir mampu memberikan proteksi sebesar 50 persen, namun hasil terkini bergeser ke 30-40 persen. Sementara Plaxlovid mampu memberikan proteksi hingga 90 persen dan di lapangan turun di antara 75-80 persen.

Budi menuturkan kedua obat itu dipilih lantaran sudah mendapatkan izin dari Badan Pengawas Obat Amerika Serikat (FDA).

“Dan kedua obat ini diberikan kepada orang yang [covid-19] sehat, jadi positif tapi demam-demam sedikit,” ujarnya.

Selain kedua obat tersebut, Budi sebelumnya juga Budi juga menyampaikan pemerintah tengah melakukan uji klinik untuk beberapa obat-obatan indikasi covid-19 yang masuk dalam kategori monoklonal antibodi seperti Bamlanivimab dan Etesevimab.

Iq juga mengaku sedang mempelajari obat antivirus AT-527 yang dikembangkan oleh Roche dan Atea Pharmaceuticals, serta obat Proxalutamide yang diproduksi oleh Kintor Pharmaceutical dari China.

Sejauh ini, pemerintah Indonesia menggunakan 6 jenis obat sebagai pilihan pengobatan pasien Covid-19 bergejala sedang-berat dengan pengawasan dokter. Beberapa obat tersebut di antaranya Favipiravir, Remdesivir, Tocilizumab, IVIg, Oseltamivir, Azithromycin, dan Ivermectin.

Bersambung ke halaman selanjutnya…


Percepatan Vaksinasi Anak Usia 6-11


BACA HALAMAN BERIKUTNYA



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *