Menlu Iran Ungkit Keterlibatan AS dalam Serangan Israel




Jakarta, Indonesia

Sehari setelah Israel menyerang lokasi militer Iran, Menteri Luar Negeri Iran Abbas Araghchi buka suara. Araghchi bicara soal keterlibatan Amerika Serikat (AS) dalam serangan Israel tersebut.

“Keterlibatan AS dalam agresi Israel pada Sabtu dini hari sudah sangat jelas bagi kami,” kata Menlu Iran Abbas Araghchi dalam wawancara di TV Nasional Iran, seperti dilansir kantor berita IRNA, Minggu (27/10).

Mengutip pernyataan dari Staf Umum Angkatan Bersenjata Iran, dia mengatakan bahwa Israel menggunakan wilayah udara yang dikontrol AS untuk melakukan agresinya.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Selain itu, kata dia, ada juga tambahan dari peralatan pertahanan yang sebelumnya telah diberikan AS kepada Negeri Zionis tersebut.

“Menurut pandangan kami, keterlibatan Amerika Serikat dalam kejahatan rezim Zionis dan dalam menciptakan ketegangan di kawasan itu cukup jelas”, ujar diplomat tinggi tersebut, seraya menambahkan bahwa keterlibatan tersebut tidak terbatas pada agresi Israel terbaru terhadap Iran.

“Tampaknya sudah menjadi fakta yang mapan bahwa tanpa AS, Israel tidak memiliki kekuatan di kawasan tersebut. Ini bukan hanya tentang operasi yang dilakukan terhadap Iran, tetapi juga dalam semua operasi yang [rezim] telah lakukan di Gaza, Lebanon, dan di tempat lain,” ucap Araghchi.

Ia menambahkan bahwa Iran yakin bahwa AS telah terlibat dalam semua kasus yang dilakukan dengan dukungan politik kepada Israel, karena Washington telah mencegah pernyataan anti-Israel sekecil apa pun untuk dikeluarkan di badan-badan internasional.

Lebih lanjut dalam sambutannya, Araghchi mengatakan bahwa sejumlah besar negara, di dalam dan luar kawasan, telah mengutuk agresi Israel terbaru terhadap Iran.

Araghchi juga mengatakan telah menulis surat kepada kepala PBB, menuntutnya untuk segera mengadakan pertemuan Dewan Keamanan PBB mengenai agresi Israel ke Iran.

(wiw)


[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *