Misteri Striker Indonesia vs Thailand


Jakarta, Indonesia —

Posisi striker menyisakan misteri di Timnas Indonesia jelang melawan Thailand dalam laga final Piala AFF 2020, Rabu (28/12).

Dari 30 nama yang dibawa Shin Tae Yong ke Piala AFF, ada empat nama pemain yang beroperasi sebagai striker.

Keempatnya sudah dimainkan, Ezra Walian, Kushedya Hari Yudo, Dedik Setiawan, dan Hanis Saghara.

Barisan ujung tombak Timnas Indonesia itu baru menyumbang dua gol, melalui kaki Ezra Walian saat Indonesia menang atas Laos dan leg kedua melawan Singapura.

Kendati Kushedya, Dedik, dan Hanis belum mencetak gol, posisi Ezra pun belum aman-aman betul sebagai pilihan utama karena tidak sepenuhnya cocok dengan permainan cepat yang dikembangkan Timnas Indonesia.

Menghadapi Thailand, Indonesia perlu sosok yang tajam guna melakukan penyelesaian akhir yang akurat. Pertahanan tim Gajah Perang cukup rapat, sehingga sekali mendapat peluang amat penting untuk dimaksimalkan.




Singapore's Safuwan Baharudin (R) fights for the ball with Indonesia's Dedik Setiawan during the first leg of the AFF Suzuki Cup 2020 football semi-final match between Singapore and Indonesia at the National Stadium in Singapore on December 22, 2021. (Photo by Roslan RAHMAN / AFP)Dedik Setiawan mengecap menit bermain di Piala AFF 2020. (Roslan RAHMAN / AFP)

Untuk bermain bertahan dan kemudian melakukan serangan balik atau frontal menyerang, Timnas Indonesia memiliki beberapa pilihan di posisi depan.

Kushedya, Dedik, dan Hanis bisa memberi dukungan yang diperlukan Witan Sulaeman atau Irfan Jaya ketika membutuhkan serangan cepat. Sementara untuk melawan pemain bertahan Thailand yang besar secara postur, Ezra berpotensi main sejak awal.

Pilihan lain bisa saja Shin menyiapkan kejutan dengan menempatkan Egy Maulana Vikri sebagai penghuni nomor 9.

Jika bermain di posisi striker, kemungkinan Egy tidak akan berdiam menunggu suplai bola. Pemain FK Senica itu bisa saja turun dan menjadi kreator serangan serta memanfaatkan kerja sama bola bawah dengan pemain-pemain yang ditempatkan sebagai winger.

Posisi pemain ujung tombak dalam permainan Shin Tae Yong di Timnas Indonesia tak sekadar menjadi penuntas serangan. Acap terlihat sang striker melebar dan membuka ruang guna memancing pertahanan lawan, sementara pemain lain mendapat kesempatan mencetak gol.

Hingga saat ini Irfan Jaya tercatat sebagai pencetak gol terbanyak untuk Indonesia di Piala AFF 2020. Sementara torehan gol Evan Dimas, Rachmat Irianto, Witan Sulaeman dan Pratama Arhan selevel dengan Ezra.

[Gambas:Video ]

(nva/har)







Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *