Momen Dramatis Indonesia Hajar Malaysia di Piala AFF 2004


Jakarta, Indonesia —

Timnas Indonesia pernah meraih kemenangan dramatis atas Malaysia di Piala AFF 2004. Ilham Jaya Kesuma menjadi salah satu bintang di laga tersebut.

Kala itu Indonesia lolos ke semifinal usai menyegel status juara Grup A bersama Singapura yang finis di posisi kedua. Sementara tuan rumah Vietnam dipaksa angkat koper lebih cepat usai berakhir di peringkat ketiga.

Indonesia pun bertemu dengan Malaysia di semifinal yang berlangsung dengan format dua leg. Ini merupakan salah satu pertandingan yang tak terlupakan bagi Ilham Jaya Kesuma.

Pasalnya, skuad Garuda yang semula sukses mengalahkan Vietnam di fase grup, malah kalah 1-2 pada leg pertama yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 28 Desember 2004.

“Tak disangka-sangka, ternyata kami kalah 1-2 di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Ini benar-benar menjadi pukulan telak buat pemain,” kata Ilham kepada Indonesia.com, belum lama ini.

“Kami seperti menghadapi mission impossible di leg kedua. Apalagi para pemain Malaysia sangat percaya diri dan seakan-akan sudah melaju ke final,” tutur Ilham.

Alih-alih mencetak gol lebih dulu demi meraih hasrat menang besar, Indonesia malah tertinggal lebih dulu pada leg kedua yang digelar di Stadion Bukit Jalil.

“Kami malah tertinggal 0-1 di babak pertama. Namun, kepemimpinan pelatih Peter Withe mampu membangkitkan semangat dan mental di babak kedua.”




Singaporean footballer goalkeeper Lionel Lewis (R) tries to catch the ball as Indonesian player Ilham Jaya Kesuma (C) and Singaporean player Baihakki bin Khaizan (L) look on during Tiger Cup Final in Jakarta, 08 January 2005.  AFP PHOTO/ ADEK BERRY / AFP PHOTO / ADEK BERRYIndonesia kalahkan Malaysia di semifinal Piala AFF 2004. (AFP PHOTO/ADEK BERRY)

“Saya ingat betul kata-kata Peter White saat itu, ‘Bikin bangga negaramu, bikin bangga keluargamu, dan juga buat bangga dirimu sendiri!'”

Hasilnya, Indonesia mampu membalikkan keadaan dan meraih kemenangan 4-1 di akhir laga. Ilham mencetak salah satu gol di laga tersebut.




Banner Testimoni

“Permainan pun berubah seketika setelah Kurniawan masuk menggantikan Ismed Sofyan. Mental anak-anak makin menggila setelah Kurniawan cetak gol penyeimbang 1-1.”

“Charis Yulianto kemudian sukses mencetak gol kedua dan tiga menit kemudian saya juga cetak gol untuk membalikkan skor jadi 3-1. Boaz Solossa menambah penderitaan Malaysia dengan gol yang dicetaknya beberapa menit sebelum waktu normal berakhir,” kenang Ilham.

Kemenangan 4-1 di leg kedua berhasil membawa Merah Putih lolos ke final dengan agregat 5-3 atas Malaysia. Sayangnya, Indonesia malah kalah dari Singapura di partai puncak.

Kali ini, Indonesia bakal kembali berhadapan dengan Malaysia dalam perebutan tiket ke semifinal Piala AFF 2020 (2021) di Stadion Nasional, Minggu (19/12). Evan Dimas Darmono dan kawan-kawan hanya butuh hasil imbang, sementara Malaysia wajib memenangkan pertandingan.

[Gambas:Video ]

(jun)







Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *