Momen Indah Singapura Usai Seri di Semifinal Leg Pertama



Jakarta, Indonesia —

Singapura punya tiga pengalaman bermain imbang dalam leg pertama semifinal Piala AFF, pada 2007, 2008 dan 2012.

The Lions akan bertemu Timnas Indonesia pada leg kedua, Sabtu (25/12), setelah skor imbang 1-1 pada leg pertama.

Berbeda dengan Indonesia yang baru sekali merasakan hasil imbang pada laga semifinal leg pertama, Singapura sudah tiga kali menyudahi pertemuan perdana dengan skor seri.

Pada Piala AFF 2007, Singapura bermain imbang 1-1 dengan Malaysia pada semifinal leg pertama. Pada perjumpaan kedua, skor imbang dengan skor identik kembali terulang.

Dengan kedudukan agregat 2-2, pertandingan harus ditentukan melalui babak adu penalti. Singapura melaju ke final setelah menang 5-4 pada babak adu jitu tendangan 12 pas tersebut.

Singapura kemudian menjadi juara Piala AFF pada edisi tersebut setelah mengalahkan Thailand di laga final yang juga berformat dua leg dengan skor 2-1 dan 1-1.

Setahun berselang Singapura kembali lolos ke semifinal. Skor imbang tanpa gol terjadi pada laga pertama babak perebutan tiket final ketika berjumpa Vietnam. Pada Piala AFF 2008, Singapura gagal melaju ke partai puncak karena menelan kekalahan 0-1 dari Vietnam di semifinal leg kedua.

Gagal lolos dari fase grup Piala AFF 2010, Singapura kembali melaju ke semifinal pada Piala AFF 2012. Kali ini Singapura kembali bermain imbang pada semifinal leg pertama melawan Filipina.

Usai skor 0-0 pada leg pertama, Singapura mengemas kemenangan 1-0 pada leg kedua dan mengamankan tempat di final. Singapura pun menjadi kampiun pada Piala AFF 2012 setelah menang 3-1 atas Thailand pada final leg pertama dan kalah 0-1 pada final leg kedua.

Format semifinal dengan dua leg baru diperkenalkan dalam Piala AFF sejak 2004. Sebelumnya pertandingan semifinal Piala AFF hanya berlangsung satu leg.

Sejak 2004, Indonesia lima kali lolos ke semifinal dengan catatan tiga kali melaju ke partai perebutan gelar dan sekali takluk di semifinal. Sementara di Piala AFF 2020, hasil Indonesia vs Singapura pada leg kedua baru akan diketahui Sabtu (25/12) malam.

[Gambas:Video ]

(nva/jun)







Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *