NasDem Enggan Masuk Kabinet, Prabowo Segera Temui Surya Paloh




Jakarta, Indonesia

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyebut presiden terpilih Prabowo Subianto bakal menemui Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dalam waktu dekat.

Pertemuan itu menyusul sikap NasDem yang memutuskan tidak masuk dalam kabinet meskipun mendukung pemerintahan mendatang.

“Kita sudah melihat atau mendengar di media bahwa Partai NasDem menunggu pemerintahan Prabowo-Gibran dan sepenuhnya akan mengikuti, mendukung, program presiden terpilih,” kata Dasco di kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara Nomor IV, Selasa (15/10).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Dalam waktu dekat, akan ada pertemuan antara Pak Surya Paloh dengan Pak Prabowo,” imbuhnya.

Pada Pilpres 2024, NasDem mengusung Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin). Setelah pilpres usai, Surya Paloh menyatakan NasDem mendukung pemerintahan Prabowo-Giban.

Namun, pada Minggu (13/10), Sekjen Partai NasDem Hermawi Taslim menyatakan NasDem tak akan masuk kabinet Prabowo. Dia menyebut ada banyak pertimbangan NasDem sebelum akhirnya memutuskan untuk tidak masuk dalam kabinet.

“Atas dasar pertimbangan banyak hal, kita memutuskan juga untuk tidak masuk dalam kabinet,” kata Hermawi di RSPAD Gatot Subroto.

Ia beralasan masukan dan pemikiran dari NasDem kepada pemerintahan Prabowo-Gibran jauh lebih penting dari sekadar kehadiran di dalam kabinet. Hermawi pun mengatakan partainya tetap bergabung dan menjadi bagian tak terpisahkan dalam pemerintahan Prabowo-Gibran.

Prabowo bersama Gibran Rakabuming Raka akan dilantik sebagai presiden dan wakil presiden periode 2024-2029 pada 20 Oktober 2024 dalam Sidang Paripurna MPR.

Adapun sejak Senin (14/10) hingga Selasa ini, Prabowo telah memanggil secara bergantian calon menteri dan calon wakil menteri untuk kabinet mendatang. Mereka yang dipanggil Prabowo adalah para elite politik, aktivis, hingga pengusaha.

(tfq/tsa)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *