Naturalisasi Berdatangan, STY Susah Patenkan Tim Inti Indonesia




Jakarta, Indonesia

Kehadiran sejumlah pemain naturalisasi yang terus berdatangan ke Timnas Indonesia membuat Shin Tae Yong masih belum punya tim inti yang bisa ia patenkan sejauh ini.

Sejak babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2024 dimulai saja, sudah ada sejumlah pemain berdatangan yang bisa membela Timnas Indonesia. Jelang laga bulan September, Timnas Indonesia mendapat kabar menggembirakan soal kepastian Maarten Paes bisa membela Timnas Indonesia setelah beberapa bulan sebelumnya sudah lebih dulu jadi Warga Negara Indonesia (WNI) namun masih terganjal proses perpindahan federasi.

Ketika Paes datang dan jadi kiper inti, sejatinya hal itu tidak terlalu berpengaruh pada skema dan pola permainan. Maarten Paes malah menambah solid lini belakang berkat penyelamatan-penyelamatan luar biasa yang ia lakukan ketika menghadapi Arab Saudi dan Australia.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Masuk ke bulan Oktober, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders datang. Hilgers adalah bek level elite yang berlaga bersama FC Twente di Eredivisie. Eliano juga sudah punya jam terbang karena bermain di liga yang sama.

Mees Hilgers langsung dipercaya sebagai pemain inti namun dari segi persiapan, sejatinya kedua pemain belum punya banyak waktu untuk melebur bersama tim dan memahami konsep strategi yang diinginkan Shin Tae Yong dengan baik. Hal itu yang jadi salah satu tantangan dan kendala yang harus dihadapi.

Formasi 11 terbaik Shin Tae Yong pun belum mempunyai bentuk pasti. Mees Hilgers langsung dipercaya sebagai pemain inti di dua laga terakhir.

Bukan sekadar di dua bulan terakhir, Timnas Indonesia memang kedatangan banyak pemain berkualitas sepanjang 2024. Bahkan bila dibandingkan saat berlaga di Piala Asia 2023 di awal 2024, skuad Timnas Indonesia sudah ketambahan banyak pemain.

Calvin Verdonk, Jay Idzes, Ragnar Oratmangoen, dan Thom Haye adalah nama-nama yang datang selepas Timnas Indonesia berlaga di Piala Asia 2023. Alhasil, Shin Tae Yong harus pandai-pandai meracik tim seiring kehadiran sejumlah nama baru.

Di satu sisi, sumber daya Timnas Indonesia makin bertambah seiring kehadiran pemain-pemain berkualitas, di sisi lain Shin Tae Yong tak punya banyak waktu untuk meramu tim lantaran pemain-pemain tersebut baru bergabung saat FIFA Matchday datang dan berlatih bersama beberapa hari sebelum pertandingan.

[Gambas:Video ]

(jal)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *