Padahal Menyehatkan, Tapi Minum Air Lemon Juga Ada Efek Sampingnya


Daftar Isi



Jakarta, Indonesia

Air lemon disebut-sebut sebagai cara jitu untuk membantu proses penurunan berat badan. Tak sedikit orang yang menjadikan air lemon sebagai minuman di pagi hari.

Tapi, hati-hati kebanyakan. Asupan air lemon berlebih juga bisa menimbulkan efek samping.

Kehadiran beberapa irisan lemon memang bisa memberikan rasa pada air. Selain itu, lemon juga kaya akan nutrisi penting.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Vitamin C adalah satu satu nutrisi yang paling banyak terkandung dalam lemon. Vitamin C dibutuhkan tubuh untuk banyak, termasuk di antaranya perbaikan semua jaringan tubuh.

Mengutip Healthline, untuk menurunkan berat badan, air lemon bisa meningkatkan rasa kenyang, mendorong hidrasi yang sempurna, hingga memacu metabolisme berjalan lebih baik.

Efek samping minum air lemon

Label baik dan bermanfaat tak membuat makanan atau minuman tertentu baik untuk dikonsumsi terus menerus. Hal yang sama juga berlaku pada air lemon.

Air lemon memang salah satu pilihan minuman sehat. Namun, meminumnya secara berlebihan juga bisa memberikan dampak buruk.

“Kita banyak mendengar tentang manfaat air lemon, seperti membantu penurunan berat badan, mencegah dehidrasi, dan membantu mengatasi masalah pencernaan. Namun, [minum] air lemon berlebihan dapat berbahaya,” ujar ahli diet Swathi Reddy, mengutip Healthshots.

Berikut beberapa efek samping terlalu banyak minum air lemon.

1. Erosi atau kerusakan gigi




Toothache, Women, Dentist, Dental Health, Young AdultIlustrasi. Kerusakan gigi, salah satu efek samping minum air lemon. (Istockphoto/sefa ozel)

Lemon adalah satu satu jenis buah sitrus yang sangat asam. Jika dikonsumsi berlebihan atau terlalu sering, lemon perlahan dapat merusak gigi karena sifat asam yang dimilikinya.

Beberapa cara untuk memperlambat proses kerusakan gigi adalah dengan menggunakan sedotan. Sedotan dapat menghindari paparan langsung asam lemon pada gigi.

2. Migrain

Buah sitrus sering memicu migrain dan sakit kepala. Kandungan tyramine dalam lemon dipercaya sebagai biang keroknya.

Jika Anda termasuk orang yang sering mengalami sakit kepala, maka sebaiknya batasi asupan air lemon.

3. Memperparah masalah pencernaan

Meski dianggap bermanfaat untuk pencernaan, tapi pada beberapa kondisi, lemon juga justru bisa memperburuk masalah pencernaan. Asupan air lemon berlebih bisa memicu nyeri ulu hati, refluks asam lambung, mual, dan muntah.

Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu konsumsi air lemon Anda dengan dokter. Orang dengan penyakit refluks gastroesofageal (GERS) sebaiknya membatasi asupan air lemon.

4. Memperburuk sariawan

Sariawan akan terasa menyakitkan di mulut. Buah sitrus sendiri dikenal sebagai salah satu pemicu sariawan.

Sebaiknya, tunggu hingga sariawan sembuh jika Anda ingin meminum air lemon.

5. Paparan kuman

Sering kali irisan lemon dimasukkan bersamaan dengan kulitnya. Namun, berbagai penelitian membuktikan bahwa kulit lemon mengandung mikroorganisme yang bisa memicu penyakit.

Untuk mengurangi risiko di atas, sebaiknya peras lemon dan campur ke dalam air, alih-alih langsung memasukkan irisan lemon.

Demikian beberapa efek samping terlalu banyak minum air lemon. Selalu konsultasikan konsumsi air lemon Anda dengan dokter.

(asr/asr)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *