Pakai Bra saat Tidur Bisa Picu Kanker Payudara, Benarkah?


Daftar Isi



Jakarta, Indonesia

Konon, tidur dengan memakai bra bisa memicu kanker payudara. Benarkah demikian?

Tidur dengan payudara dikelilingi oleh pro dan kontra. Penggunaan bra memang dapat memengaruhi kondisi tubuh. Namun, risiko kanker payudara bukan salah satunya.

Dokter spesialis penyakit dalam dari Parkway Cancer Centre Khoo Kei Siong menegaskan, penggunaan bra saat tidur sama sekali tidak menjadi penyebab kanker payudara.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Banyak sekali mitos-mitos yang tersebar mengenai penyebab kanker payudara ini, termasuk penggunaan bra juga. Tapi, saya konfirmasi bahwa hal tersebut mitos. Jadi, ya, pakai itu [bra saat tidur] tidak masalah,” ujar Kei Siong dalam media briefing di Jakarta Selatan, Kamis (10/9).

Menurut Kei Siong, hingga saat ini tak ada bukti yang mengaitkan hubungan antara tidur memakai bra dengan kanker payudara.

Manfaat pakai bra saat tidur

Alih-alih memicu risiko penyakit, memakai bra justru bisa membantu meningkatkan kenyamanan tidur.

Mengutip laman Cleveland Clinic, berikut beberapa manfaat pakai bra saat tidur.

1. Atasi nyeri payudara

Sekitar 1 dari 3 wanita yang mengalami nyeri payudara (mastalgia) mengalami gangguan tidur. Penggunaan bra saat tidur bisa membantu mengatasi hal tersebut.

Namun, gunakan bra yang lembut saat tidur. Hal ini dapat mencegah pergerakan payudara yang bisa memicu rasa tidak nyaman saat tidur.




Sexy girl in a white t-shirt.Ilustrasi. Alih-alih picu kanker, tidur dengan memakai bra justru bisa memberikan manfaat. (Istockphoto/2HotBrazil)

Ketika menyusui, payudara berubah secara signifikan. Payudara yang bengkak atau penuh dapat terasa menyakitkan, terutama saat bergerak ketika tidur.

Menggunakan bra dapat menjaga menghindari gesekan puting.

Selain itu, puting juga tetap bersih dan bebas bakteri. Penggunaan bra juga mengurangi lecet pada puting, dan mendukung struktur payudara.

Pastikan bra tidak terlalu ketat dan tidak berkawat. Menggunakan bra yang ketat dapat mengurangi produksi ASI karena bisa menyumbat saluran.

3. Mencegah infeksi jamurk

Ada banyak kontak kulit pada bagian bawah payudara. Jika tertutup selimut dan berkeringat, bagian tersebut rentan menjadi ‘rumah’ bagi pertumbuhan jamur hingga memicu infeksi.

Mengenakan bra saat tidur membantu menyerap kelembapan di bawah payudara dan mengurangi gesekannya.

(pli/asr)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *