Pakar Ungkap Niat Terselubung Latihan Militer China di Dekat Taiwan




Jakarta, Indonesia

Pemerintah China diduga tengah membangun kapasitas untuk mengubah latihan militer menjadi serangan besar-besaran ke Taiwan.

Hal ini diungkapkan pejabat senior keamanan Taiwan, usai China menggelar latihan militer skala besar di dekat wilayah Taiwan pekan ini.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pada Senin (14/10), China menggelar latihan skala besar di dekat wilayah Taiwan, yang disebut sebagai peringatan atas “tindakan separatis” menanggapi pidato Presiden Taiwan Lai Ching Te pada perayaan hari kemerdekaan pekan lalu.

“Mereka tengah meningkatkan kapasitas mereka untuk mengubah latihan militer menjadi konflik,” kata pejabat keamanan tersebut, seperti dilansir Reuters.

Taiwan mencatat ada sebanyak 153 pesawat militer China ikut dalam latihan tersebut. Selain itu sebanyak 25 kapal angkatan laut dan coast guard China juga mendekati zona Taiwan sejauh 39 kilometer.

“Mereka mendekati Taiwan dengan sangat dekat. Mereka meningkatkan tekanan pada Taiwan dan mempersingkat waktu respons Taiwan. Latihan ini menghadirkan ancaman yang lebih besar daripada sebelumnya bagi Taiwan,” kata pejabat itu.

Sementara itu seorang diplomat yang bermarkas di Taipei, mengatakan latihan perang Beijing menghadirkan “ancaman besar”, karena melalui latihan tersebut militer China dengan cepat membangun kemampuan mobilisasi dan tempurnya.

Selain mengerahkan pesawat dan kapal, China juga meluncurkan dua rudal ke wilayah pedalaman yang tidak disebutkan, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

“Meskipun mereka [China] tidak menembakkan rudal ke Taiwan kali ini, mereka berlatih meluncurkan rudal,” ungkap pejabat itu.

Hingga kini, China memandang Taiwan sebagai bagian dari wilayahnya sendiri. Selama lima tahun terakhir, Taiwan mengeluhkan aktivitas militer China yang hampir setiap hari digelar, termasuk sedikitnya empat latihan besar dan “patroli gabungan” secara berkala.

Dalam sebuah laporan, Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan China saat ini mengadakan tiga hingga empat “patroli kesiapan tempur gabungan” per bulan di sekitar Taiwan.

(dna/dna)





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *