Panduan Diet untuk Jantung Sehat


Jakarta, Indonesia —

Asosiasi Jantung Amerika Serikat atau American Heart Association (AHA) baru saja memperbarui rekomendasi panduan diet untuk jantung sehat. Panduan ini meliputi rekomendasi untuk pola makan dan nutrisi yang harus dipenuhi.

Panduan makan dan nutrisi untuk jantung yang sehat ini dibuat berdasarkan penelitian terbaru dan juga kebiasaan yang ada di masyarakat.

“Kita semua dapat memperoleh manfaat dari pola diet jantung sehat, terlepas dari tahap kehidupan, dan dimungkinkan untuk merancang pola yang konsisten dengan preferensi pribadi, gaya hidup, dan kebiasaan budaya. Tidak perlu rumit, makan waktu, mahal, atau tidak menarik,” kata peneliti AHA, Alice H Lichtenstein dikutip dari Medical News Today.

Panduan diet untuk jantung sehat ini menekankan pada konsumsi makanan bernutrisi tinggi untuk mencegah berbagai kondisi yang dapat merusak jantung seperti kolesterol tinggi, hipertensi, diabetes tipe 2, dan sindrom metabolik.

“Bukti menunjukkan bahwa pencegahan obesitas pediatrik adalah kunci untuk menjaga dan memperpanjang kesehatan kardiovaskular,” tulis panduan tersebut.

Panduan ini juga menganjurkan agar orang tua dapat menerapkan pola makan ini sejak dini pada anak untuk menjaga kesehatan jantung.

Berikut panduan diet untuk jantung sehat dari AHA:




ilustrasi sayur / veganPanduan diet untuk jantung sehat merekomendasikan banyak makan makanan yang berasal dari tumbuhan. (Foto: iStockphoto)

1. Sesuaikan asupan dan pengeluaran energi untuk mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat.
2. Makan banyak dan beragam buah dan sayuran.
3. Pilih makanan dan produk gandum utuh.
4. Pilih sumber protein yang sehat. Sumber protein yang sehat berasal dari tanaman, asupan ikan, makanan laut, dan produk susu rendah lemak atau bebas lemak. Jika menginginkan daging atau unggas, pilih potongan tanpa lemak dan bentuk yang tidak diproses.
5. Gunakan minyak nabati cair daripada minyak tropis, seperti kelapa dan kelapa sawit, dan lemak terhidrogenasi sebagian.

6.Pilih makanan olahan minimal daripada makanan ultra-olahan.
7. Minimalkan asupan minuman dan makanan dengan tambahan gula.
8. Pilih dan siapkan makanan dengan sedikit atau tanpa garam.
9. Jika Anda tidak minum alkohol, jangan memulai. Jika Anda memilih untuk minum alkohol, batasi asupannya.
10. Patuhi panduan ini di mana pun makanan dikonsumsi.

Itulah panduan diet untuk jantung sehat.

(ptj)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *