Panglima TNI Jenderal Andika Sambangi Markas TNI AL Temui KSAL



Jakarta, Indonesia —

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa berkunjung ke Mabes TNI AL di Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (22/11). Dalam kunjungannya, ia bertemu dengan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono.

Andika mengatakan kunjungannya tersebut adalah untuk orientasi dan mengetahui lebih lanjut tentang Angkatan Laut.

“Pagi ini saya memulai orientasi karena di Angkatan Darat saya sudah tahu persis setelah melepas jabatan saya. Jadi fokus saya adalah ke Markas Besar Angkatan Laut,” kata Andika kepada wartawan, Senin (22/11).

Andika mengaku ingin mendapatkan penjelasan langsung dari KSAL, karena menurutnya, Yudo adalah orang yang paling menguasai hal-hal terkait angkatan Laut.

“Jadi saya ingin mendapat penjelasan langsung dari pimpinan AL tentang semuanya. Apalagi tentang tugas-tugas yang menjadi tugas saya, karena sebagian ada tugas yang sebetulnya di bawah kewenangan KSAL dan KSAU dan KSAD,” ujar Andika.

Presiden RI Joko Widodo sebelumnya melantik Jenderal Andika Perkasa menjadi Panglima TNI di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (17/11) siang.

Andika dilantik berdasarkan Keputusan Presiden nomor 106/TNI Tahun 2021. Ia mengisi posisi Panglima yang ditinggalkan Marsekal Hadi Tjahjanto yang memasuki masa pensiun per November 2021.

Di sisi lain, nama Yudo sebelumnya juga sempat masuk bursa calon Panglima TNI untuk mengganti Hadi. Dalam perjalanannya, Presiden Jokowi memutuskan untuk memilih Andika. Setelah lolos uji kepatutan dan kelayakan di DPR, Andika kemudian dilantik sebagai Panglima TNI.

(yoa/ain)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *