Paripurna DPR Sahkan Herindra Jadi Kepala BIN Gantikan Budi Gunawan




Jakarta, Indonesia

Rapat paripurna DPR secara resmi mengesahkan nama Muhammad Herindra sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) penggannti Budi Gunawan.

Paripurna dipimpin Ketua DPR Puan Maharani didampingi Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad, Adies Kadir, Saan Mustopa, dan Cucun Ahmad Syamsurizal.

“Apakah laporan Tim DPR yang memutuskan bahwa saudara Muhammad Herindra layak sebagai Kepala BIN menggantikan Budi Gunawan dapat disetujui?” kata Puan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Setuju,” ujar anggota dewan yang hadir. Rapat paripurna hari ini dihadiri 387 dari 580 anggota DPR.

Sehari sebelumnya, pada Rabu (16/10), Herindra telah mengikuti uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di DPR. Herindra pun dinyatakan memenuhi syarat dan kualifikasi untuk menjadi Kepala BIN.

Selanjutnya, DPR akan mengirim surat resmi kepada presiden untuk melantik Herindra. Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco menyebut Herindra kemungkinan dilantik bersamaan dengan pelantikan menteri kabinet Prabowo Subianto pada 21 Oktober 2024.

Herindra merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1987. Ia pensiun dari TNI dengan pangkat Letnan Jenderal dengan jabatan terakhir sebagai Kasum TNI.

Sementara itu, Budi Gunawan disebut-sebut akan mendapat posisi baru di kabinet Prabowo. Budi Gunawan hadir pada pembekalan calon menteri dan kepala badan di kediaman Prabowo di Hambalang, Bogor, Jawa Barat.

(thr/tsa)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *