Pasukan Korut Bantu Tentara Rusia Perang di Garis Depan




Jakarta, Indonesia

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengklaim pada hari Jumat (25/10) bahwa pasukanĀ Korea Utara siap dikerahkan oleh Rusia dalam medan perang di Ukraina paling cepat akhir pekan ini. P

Para pejabat Barat memperingatkan bahwa perkembangan ini dapat mengintensifkan konflik yang telah berlangsung hampir tiga tahun dan menghasilkan dampak geopolitik yang menjangkau hingga ke Indo-Pasifik.

Zelensky mengatakan intelijen Ukraina telah menetapkan bahwa militer Korea Utara pertama akan digunakan oleh Rusia di zona pertempuran antara hari Minggu (27/10) dan Senin (28/10).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ia mengatakan di platform Telegram bahwa penempatan pasukan Korea Utara, yang diklaim tersebut, merupakan langkah eskalasi yang jelas oleh Rusia. Tidak ada rincian lebih lanjut yang diberikan, termasuk informasi tentang di mana tepatnya tentara Korea Utara diperkirakan akan dikirim.

Rusia telah melancarkan serangan musim panas yang intens di sepanjang garis depan timur Ukraina, yang memaksa Kyiv untuk menyerahkan wilayah mereka secara bertahap. Namun, Moskow menghadapi kesulitan untuk mengusir pasukan Ukraina dari wilayah perbatasan Kursk setelah serangan lintas perbatasan hampir tiga bulan lalu, yang menyoroti tantangan yang terus berlanjut meskipun Rusia telah maju di bidang lain.

Namun, pengerahan pasukan Korea Utara berdasarkan perjanjian militer antara Moskow dan Pyongyang memperkenalkan dimensi baru pada konflik di Ukraina. Perkembangan ini menandai perubahan yang signifikan, yang mengintensifkan apa yang telah menjadi perang terbesar di Eropa sejak Perang Dunia II, dengan banyak korban sipil dan militer di kedua belah pihak.

Berapa banyak pasukan Korea Utara yang akan Bergabung dengan Rusia?

Amerika Serikat (AS) melaporkan pada hari Rabu bahwa 3.000 pasukan Korea Utara telah dikerahkan ke Rusia dan sedang berlatih di beberapa lokasi, menggambarkan langkah tersebut sebagai hal yang sangat memprihatinkan.

Kyiv juga mengatakan Korea Utara berencana untuk mengirim jenderal untuk membantu pasukan Rusia dalam perang mereka melawan Ukraina.

Sekitar 500 perwira, termasuk tiga jenderal, akan berada di antara 12.000 pasukan Korea Utara yang diharapkan akan dikerahkan di Rusia, badan intelijen pertahanan Ukraina menulis dalam sebuah pernyataan di Telegram pada hari Kamis (24/10). Badan tersebut tidak mengungkapkan dasar klaim ini.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menyatakan minggu lalu bahwa pemerintahnya memiliki informasi intelijen yang menunjukkan bahwa 10.000 tentara Korea Utara tengah bersiap untuk mendukung pasukan Rusia di Ukraina.

Zelensky memperingatkan bahwa keterlibatan negara ketiga dalam konflik tersebut dapat meningkatkannya menjadi “perang dunia,” dengan menekankan potensi dampak internasional yang signifikan. Korea Utara telah memasok amunisi ke Rusia berdasarkan pakta pertahanan yang ada.

(wiw)


[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *