Pelanggaran ke Ricky Kambuaya Jadi Kontroversi


Jakarta, Indonesia —

Insiden kontroversial terjadi di balik leg pertama semifinal Piala AFF 2020 (2021) antara Indonesia vs Singapura yang berakhir imbang 1-1. Wasit tidak menunjuk titik putih setelah Ricky Kambuaya dilanggar di kotak penalti.

Momen kontroversi tersebut terjadi di menit ke-77. Ricky Kambuaya terlihat dilanggar di dalam kotak penalti oleh pemain Singapura. Namun, wasit asal Korea Selatan Kim Hee Gon hanya memberikan tendangan bebas di luar kotak 16 pas.

Keputusan tersebut terbilang merugikan Indonesia yang tengah berupaya untuk menambah gol. Tendangan bebas Evan Dimas Darmono pun hanya membentur pagar betis pertahanan lawan.

Hasil akhir kemungkinan besar bakal berbeda jika wasit membuat keputusan lebih jeli. Saat itu, skor pertandingan sudah 1-1.

Duel Indonesia vs Singapura memang berlangsung sengit sejak awal laga. Kedua tim saling menebar ancaman hingga akhirnya Indonesia berhasil memecah kebuntuan di menit ke-38.

Adalah Witan Sulaeman yang sukses membawa Indonesia unggul 1-0 berkat kerja sama apik satu dua dengan Asnawi Mangkualam. Umpan tarik Asnawi dari sisi kanan dituntaskan sontekan kaki kiri Witan ke pojok kiri gawang Singapura.

Kedua tim sama-sama memiliki peluang emas di waktu tersisa namun tak ada gol tambahan yang tercipta. Skor 1-0 untuk keunggulan Indonesia bertahan hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, The Lions berhasil menyamakan skor pada menit ke-70. Gol tersebut terjadi karena kesalahan umpan yang dilakukan Alfeandra Dewangga membuka celah bagi Singapura untuk melakukan serangan balik.




Banner Testimoni

Fahruddin dan Dewangga terjatuh dan membuat Faris Ramli leluasa melepaskan umpan terobosan ke kotak penalti yang sukses dituntaskan Ikhsan Fandi untuk membobol gawang Nadeo.

Selanjutnya, leg kedua semifinal Piala AFF 2020 antara Indonesia vs Singapura bakal digelar pada Sabtu (25/12) di venue yang sama. Sementara leg pertama Thailand vs Vietnam bakal dihelat pada Kamis (23/12).

[Gambas:Video ]

(jun/sry)







Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *