Pelatih China Terancam Dipecat, Queiroz Diklaim Jadi Pengganti




Jakarta, Indonesia

Pelatih China Branko Ivankovic dibayangi pemecatan jelang melawan Timnas Indonesia dalam babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Selasa (15/10).

Timnas Indonesia akan dijamu China dalam laga keempat Grup C babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Qingdao.

Pertandingan ini krusial bagi China dan Indonesia lantaran kedua tim sama-sama mengincar kemenangan pertama di grup.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

China yang menjadi tuan rumah tidak ingin kembali kehilangan malu seperti saat menjamu Arab Saudi ketika kalah 1-2.

Hasil melawan Timnas Indonesia juga disebut bisa menentukan nasib pelatih asal Kroasia, Branko Ivankovic. Posisi Ivankovic di timnas China dilaporkan tengah di ujung tanduk usai tiga kekalahan beruntun, menurut laporan Sohu.

Wu Lei dan kawan-kawan diklaim tidak lagi percaya dengan Ivankovic. Karena itu semangat juang pemain China mulai luntur. Taktik Ivankovic yang tidak berjalan efektif dituding jadi slaah satu penyebabnya.

Dengan kondisi tersebut, masa depan pelatih 70 tahun ini di Team Dragons bisa abu-abu. Kekalahan diyakini membuat Ivankovic terdepak dari timnas China.

Laporan itu juga menyebutkan sejumlah pelatih yang bisa menjadi pengganti Branko Ivankovic, salah satunya Gao Hongbo.

Akan tetapi, Gao Hongbo punya rapor minus bersama timnas China, yakni dua kali dipecat. Ia juga disebut tidak disukai sebagia penggemar timnas China.

Nama lain yang menjadi opsi bagi Asosiasi Sepak Bola China (CFA) adalah mantan pelatih timnas Iran, Carlos Queiroz. Pelatih 71 tahun itu dinilai punya pengalaman bagus.

Queiroz pernah menjadi mentor Cristiano Ronaldo di Manchester United, lalu melatih Real Madrid. Pelatih asal Portugal ini juga berpengalaman membawa Iran ke Piala Dunia.

Satu hal yang jadi tantangan timnas China dalam merekrut Queiroz adalah permintaan gaji yang terlalu besar, yakni 4 juta euro atau setara dengan Rp67,9 miliar.

Akan tetapi, dibandingkan dengan gaji Marcello Lippi yang juga pernah melatih China pada 2016-2019, gaji Queiroz lebih terjangkau. Lippi dikabarkan mendapatkan gaji di timnas China 20 juta euro.

[Gambas:Video ]

(sry/rhr)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *