Pengertian Wheelbase pada Mobil dan Truk



Jakarta, Indonesia —

Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, wheelbase merupakan ‘jarak sumbu roda’. Lebih tepatnya jarak sumbu roda adalah jarak antara roda depan dan belakang sebuah mobil penumpang.

Istilah wheelbase ini tidak hanya berlaku pada mobil penumpang saja, melainkan motor dan truk juga ada istilah serupa. Jarak sumbu roda ini tidak selalu menjadi patokan panjang kendaraan. Namun, semakin panjang jarak sumbu rodanya, praktis semakin panjang juga kendaraan tersebut.

Berikut ragam fungsi dari wheelbase.

Memberi kenyamanan

Wheelbase sudah memenuhi perhitungan yang tepat, sehingga roda-roda bisa sejajar untuk menciptakan kenyamanan berkendara.

Menyeimbangkan mobil

Fungsi utama lainnya adalah membuat kendaraan dalam keadaan seimbang. Mobil yang seimbang saat hidup dan diam sekalipun akan berdampak baik terhadap besaran gaya yang bekerja di setiap roda. Keseluruhan torsi yang bekerja juga dapat seimbang dari 0.

Roda kendaraan berputar stabil

Wheelbase akan menghasilkan gaya stabil. Kestabilan putaran roda tersebut membuat nyaman saat berkendara. Kecepatan pelan maupun tinggi bisa dilibas dengan baik oleh kendaraan yang bagian wheelbase-nya baik.

Pentingnya wheelbase

Jarak sumbu roda penting diperhitungkan demi reaksi yang bagus sebuah kendaraan. Jarak sumbu roda yang pendek dinilai lebih nyaman dari pada jarak sumbu roda panjang.

Pasalnya jarak sumbu roda terlalu panjang bisa membuat pengemudi kesulitan saat membelokkan kendaraan. 

(ryh/mik)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *