Pengungsi Bencana Erupsi Gunung Semeru Tersebar di 3 Desa



Jakarta, Indonesia —

Pengungsi bencana erupsi Gunung Semeru di Jawa Timur saat ini tersebar di tiga titik di dua kecamatan untuk sementara.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga saat ini belum dapat mengumumkan berapa jumlah pengungsi. Pendataan pengungsi masih dilakukan setelah erups terjadi sore tadi.

“Jadi lokasi pengungsian ada di tiga desa pada tiga kecamatan, yaitu kecamatan Pronojiwo dan Candi Puro,” kata Kepala BNPB Letnan Jenderal TNI Suharyanto secara daring.

“Untuk jumlah pasti yang di titik ini akan kami update. Ini info awal. Jadi belum rinci ya karena masih tadi sore,” sambungnya.

Suharyanto mengatakan sudah mengirim tim reaksi cepat untuk membantu semua kebutuhan dasar pengungsi mulai dari tenda hingga makanan.

“Lalu atas petunjuk presiden kami juga besok pagi segera ke Lumajang untuk memastikan tahap penanganan darurat. Khususnya pengungsi bisa cepat dan tepat jadi kebutuhan dasar secara maksimal,” kata dia.

Suharyanto juga mengatakan pihaknya telah meminta kepada pejabat TNI untuk mendapatkan bantuan personel dan peralatan.

Lebih lanjut ia mengatakan pihaknya meminta kepada seluruh masyarakat untuk tidak percaya berita bohong terkait erupsi ini.

“Jangan termakan isu hoax atau menyesatkan. Yakinlah pemerintah pusat, pemerintah daerah, TNI, dan Polri, serius dan konsisten membantu masyarakat yang terdampak erupsi ini,” katanya.

Gunung Semeru dilaporkan mengalami erupsi disertai memuntahkan awan panas guguran pada Sabtu sekitar pukul 15.00 WIB.

Satu orang sudah dinyatakan meninggal dalam peristiwa ini. Selain itu diketahui ada 10 orang yang dinyatakan hilang.

(ryh/fea)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *