Penyekatan Masuk Kota Bandung Ditiadakan



Bandung, Indonesia —

Kepala Unit Pendidikan dan Rekayasa (Dikyasa) Satlantas Polrestabes Bandung, Ajun Komisaris Asep Kusmana mengatakan selama Nataru nanti kepolisian tidak akan memberlakukan penyekatan atau penerapan ganjil genap di keluar gerbang tol di Kota Bandung.

“Jadi, tidak ada ganjil-genap atau penyekatan lalu lintas. Sesuai dengan kondisi lapangan. Misalnya, ada contra flow atau one way jika terjadi kepadatan sebagai bentuk antisipasi masyarakat yang bepergian ke tempat wisata,” katanya, Rabu (22/12).

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengimbau warganya tak melakukan perjalanan liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) ke luar daerah. Imbauan itu dikeluarkan untuk mencegah kenaikan kasus Covid-19 setelah libur panjang akhir tahun.

“Sebaiknya warga melakukan mobilitas di tempatnya masing-masing. Jangan melakukan mobilitas lintas wilayah dulu,” kata Yana di Pendopo Kota Bandung, Rabu (22/12).

Yana mengaku pihaknya saat ini masih menunggu instruksi dari pemerintah pusat terkait aturan libur Nataru.

“Kita juga menunggu instruksi dari pemerintah pusat, setelah itu kita coba koordinasikan pelaksanaannya dengan pemerintah kota,” tuturnya.

Namun yang pasti, kata dia, warga Bandung harus mengurangi mobilitas apabila tidak ada urusan yang urgen.

“Kita intinya mengurangi mobilitas terutama warga di luar Kota Bandung. Pak Gubernur mengimbau jangan lintas wilayah, kita juga sama, kalau bisa jangan,” cetusnya.

Untuk memformulasi aturan di libur Nataru ini, Yana menyatakan pihaknya akan melakukan rapat koordinasi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Bandung.

“Minggu ini kita mau rapat dengan Forkopimda menentukan langkah antisipasi membatasi mobilitas warga pada pelaksanaan Nataru,” ujarnya.

Adapun Polrestabes Bandung akan menyediakan 19 Pos Pelayanan dan Pengamanan (Pospam) di sejumlah titik. Pos ini akan aktif melayani masyarakat selama 24 jam.

Polisi menyebut tidak ada pengetatan termasuk pemeriksaan kendaraan dalam bentuk apapun. Pos yang disiapkan kepolisian sebagai bentuk antisipasi kemacetan saja dan persiapan perayaan Natal.

(hyg/ain)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *