Persiapan Musim Hujan, Ini 5 Cara Mencegah Ular Masuk ke Rumah


Daftar Isi



Jakarta, Indonesia

Musim hujan kerap jadi momen hewan melata, termasuk ular, masuk ke dalam rumah. Simak cara mencegah ular masuk rumah dengan langkah sederhana.

Ular bisa muncul kapan saja, terlebih jika lingkungan sekitar rumah terdapat pekarangan kosong atau tumpukan material bangunan. Namun, di musim hujan, ular sepertinya bakal lebih sering mampir ke rumah.

Cara mencegah ular masuk rumah

Beberapa jenis ular bisa sangat berbahaya dan mengancam nyawa. Sebaiknya lakukan beberapa langkah pencegahan sederhana berikut ini.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

1. Pangkas rumput sekitar rumah

Taman di sekitar rumah perlu dirapikan agar tidak mengundang ular. Anda perlu memangkas rumput hingga pendek, tanaman dengan batang tinggi sebaiknya dirapikan dahannya, kemudian tanaman semak sebaiknya dipangkas.

Ular termasuk hewan berdarah dingin dan suka bersembunyi di balik semak atau rumput tinggi.

2. Rapikan barang

Tak hanya tanaman yang kurang terawat, tapi ular juga suka bersembunyi di tumpukan barang. Ular dengan mudah masuk lewat celah, apalagi barang-barang tersebut berantakan.

Sebaiknya pilah barang yang perlu dibuang dan disimpan. Jangan sampai menyisakan celah buat ular masuk.

3. Pakai bawang putih dan bawang bombay

Aroma tajam bawang putih dan bawang bombay bisa mencegah dan mengusir ular. Keduanya mengandung asam sulfonat yang efektif mengusir ular.

Anda bisa menggunakan bawang putih yang ditumbuk dan dicampur air, kemudian disemprotkan pada area yang dicurigai bakal jadi pintu masuk ular.

Selain bawang putih segar, Anda bisa menggunakan minyak bawang putih atau bubuk bawang putih.

4. Tanam bunga marigold




Orange Tagetes flowers close up in organic garden, many-petalled flowers with various shades of yellow, orange, bronze and red appear in every imaginable combination. Blurred background.Ilustrasi. Tanam bunga marigold, salah satu cara mencegah ular masuk ke rumah. (iStockphoto/Hana Richterova)

Manfaatkan air musim hujan untuk menanam bunga marigold (calendula). Aroma bunga ini ternyata ampuh buat mengusir ular.

Bunga marigold termasuk bunga yang mudah ditanam. Tanaman hanya perlu sinar matahari dan tanah lembap. Tempatkan bunga marigold di halaman rumah untuk mencegah ular masuk.

5. Minyak cengkeh dan kayu manis

Kedua bahan ini ampuh mengusir ular saat mereka berhasil masuk rumah. Caranya, cukup campur kedua bahan dengan perbandingan yang sama lalu masukkan ke botol semprot.

Cara mencegah ular masuk rumah cukup semprotkan pada area-area yang kemungkinan bisa jadi jalan masuk ular.

(asr)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *