Pindah Ibu Kota Pekerjaan Maha Besar



Jakarta, Indonesia —

Mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso mengatakan rencana pemindahan Ibu Kota Negara Indonesia dari Jakarta ke Kalimantan Timur merupakan pekerjaan yang maha besar.

“Ya pemikiran pindah Ibu Kota dari zaman ke zaman. Kalau terlaksana ya alhamdulillah. Cuma memang ini pekerjaan yang maha-maha amat besar,” kata Sutiyoso dalam kanal YouTube Karni Ilyas Club yang dikutip Jumat (31/12).

Sutiyoso menyebut pembangunan berbagai infrastruktur di Ibu Kota baru bakal menghabiskan anggaran ratusan triliun rupiah. Ia enggan berspekulasi apakah pemerintah sudah memiliki dana tersebut.

“Itu ratusan triliun dari pemerintah jadi gedung Istana, kantor departemen dan lainnya. Apakah duit kita cukup atau tidak? Tentu yang bisa jawab pemerintah,” ujarnya.

Di sisi lain, Politikus Partai NasDem itu menilai pemerintah harus memikirkan bagaimana perpindahan sumber daya manusia yang amat besar ke lokasi baru tersebut.

Para ASN bakal ikut pindah ke lokasi ibu kota baru bila rencana itu terealisasi. Baginya, perpindahan orang secara besar-besaran itu juga harus ditopang dengan pembangunan di sektor lainnya.

“Pada saat memindahkan orang harus ada tempat tinggal. Lalu harus ada sekolahan infrastuktur lain. Pekerjaan amat besar. Tapi harus siap dengan efek-efek sampingannya,” kata Sutiyoso.

Pemerintah tetap ngotot memindahkan Ibu Kota Negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur di tengah pandemi Covid-19 dan kritikan sejumlah pihak, terutama aktivis lingkungan hidup.

Pemerintah telah mengirim surat presiden (surpres) dan naskah Rancangan Undang-undang Ibu Kota Negara (RUU IKN) ke DPR pada 29 September 2021.

Surat itu diserahkan langsung oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) kepada Ketua DPR Puan Maharani.

Dalam draf RUU IKN, pemerintah berencana mulai memindahkan ibu kota mulai semester I tahun 2024. Saat ini pekerjaan pembukaan lahan di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartangera tengah berjalan.

(rzr/fra)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *