Polisi Rekayasa Lalin Senayan-Harmoni saat Pelantikan Prabowo-Gibran




Jakarta, Indonesia

Ditlantas Polda Metro Jaya menyiapkan skema rekayasa lalu lintas di sepanjang Senayan hingga Harmoni saat pelantikan presiden dan wakil presiden, Minggu (20/10) nanti.

“Akan ada beberapa pengalihan arus yang akan kita lakukan, seperti di Harmoni, Patung Kuda, Bundaran HI, Semanggi, begitu juga di Bundaran Senayan, inilah yang akan tentunya kita akan melihat betul jalur Sudirman-Thamrin,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman kepada wartawan, Kamis (17/10).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Latif menyebut penerapan rekayasa lalu lintas ini sifatnya situasional. Kata dia, pihaknya akan mengupayakan masyarakat untuk tetap melintas selama situasi memungkinkan.

“Kami selalu sangat situasional, selama kegiatan masih berjalan aktivitas seperti biasa akan kami lakukan pengaturan dan penjagaan,” ujarnya.

Latif mengatakan jajaran Ditlantas Polda Metro Jaya juga akan melakukan pengawalan dan penjagaan terhadap para tamu negara maupun VVIP yang akan hadir saat pelantikan.

Latif pun menyampaikan permintaan maaf kepada masyarakat yang akan terganggu selama proses pengawalan tersebut.

“Mungkin pada saat jam-jam perjalanan tamu VVIP karena ada banyak kepala negara yang akan hadir, tentunya kita juga menghormati tamu tersebut, akan kita utamakan tamu tersebut untuk melewati jalan Sudirman-Thamrin,” katanya.

“Jadi masyarakat yang istilahnya aktivitas biasa, akan sedikit kami kalahkan, jadi sekali lagi kami memohon maaf,” imbuhnya.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya mengerahkan sebanyak 6.757 personel untuk mengamankan acara pelantikan presiden dan wakil presiden pada Minggu (20/10) nanti.

Ribuan personel gabungan itu terdiri dari 4.100 personel Satgas Polda Metro Jaya, 1.667 personel gabungan Satgas Polres jajaran Polda Metro Jaya, 857 Satgas Polres Jakarta Pusat serta 133 personel BKO dari pemda dan pihak terkait.

Prabowo-Gibran akan dilantik di Kompleks Parlemen, Jakarta pada 20 Oktober nanti. Mereka akan menggantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Kontestan Pilpres 2024 yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD turut diundang untuk menghadiri acara tersebut.

Tak hanya itu, acara pelantikan Prabowo-Gibran akan turut dihadiri para perwakilan dari negara-negara sahabat.

(dis/fra)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *