PPKM Luar Jawa Diperpanjang, Booster Vaksin Januari



Jakarta, Indonesia —

Presiden Joko Widodo mengklaim Indonesia termasuk salah satu dari lima negara yang tergolong berhasil melawan pandemi virus corona (Covid-19). Pemerintah lalu menargetkan Indonesia menjadi negara pertama yang keluar dari belenggu pandemi Covid-19.

Kabar baru lainnya yakni soal PPKM luar Jawa-Bali yang diperpanjang selama dua pekan jelang momen Natal.

Berikut perkembangan informasi seputar virus corona di tanah air dalam 24 jam terakhir yang dirangkum Indonesia.com.

PPKM Luar Jawa-Bali Diperpanjang

Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang PPKM di luar Jawa-Bali selama dua pekan. Mulai 7 hingga 23 Desember.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan tren kasus Covid-19 di luar Jawa-Bali menurun. Namun, PPKM tetap diperpanjang demi menekan kasus penularan.

Lalu pada 24 Desember mendatang, pemerintah akan menerapkan PPKM Level 3 di seluruh Indonesia hingga 2 Januari 2022.

Klaim Berhasil Lawan Pandemi

Presiden Joko Widodo mengklaim Indonesia menjadi negara yang berhasil mengendalikan pandemi Covid-19. Dia memuji kerja keras seluruh lapisan masyarakat dalam menekan penularan virus corona.

“Kita telah berhasil menjadi satu dari lima negara di dunia yang berhasil mengendalikan pandemi Covid pada level 1. Hal ini menunjukkan kemampuan bangsa kita dalam menghadapi tantangan,” kata Jokowi, Senin (6/12).

Booster Vaksin Januari 2022

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah mulai menyiapkan skema penyuntikan dosis ketiga vaksin virus corona pada Januari 2022. Dosis ketiga atau booster diberikan kepada warga yang telah menerima dua dosis vaksin Covid-19.

Dia mengatakan bahwa itu merupakan arahan Presiden Joko Widodo. Kebijakan tersebut bakal diumumkan selekas mungkin sebelum penyuntikan dilaksanakan.

Target Keluar Pandemi

Kementerian Kesehatan menargetkan Indonesia menjadi negara pertama di dunia yang keluar dari pandemi virus corona.

Hal itu disampaikan Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kemenkes Siti Nadia Tarmizi.

“Di masa Indonesia menjadi presidensi G20, kita menunjukkan bagaimana kita bisa mempertahankan kondisi yang baik ini dengan semakin menekan laju penularan,” kata Nadia dalam video yang disiarkan kanal YouTube FMB9ID_IKP, Senin (6/12).

“Bahkan kalau bisa Indonesia bisa menjadi negara pertama yang keluar dari situasi pandemi covid-19 ini,” sambungnya.

Nasib Umrah Akibat Varian Baru

Pemerintah membuka peluang untuk menunda pemberangkatan jemaah umrah pada Desember 2021. Merebaknya varian omicron di 15 negara jadi pertimbangan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyebut ada kemungkinan jemaah umrah baru diberangkatkan setelah Tahun Baru 2022.

Kasus Corona Harian

Kasus positif virus corona bertambah 130 pada hari ini, Senin (6/12). Jumlah pasien sembuh bertambah 2.005, sementara pasien meninggal dunia bertambah 9.

Total kasus positif Covid-19 di Indonesia menjadi 4.257.815. Sebanyak 4.108.297 diantaranya telah pulih, 5.642 orang menjalani perawatan di rumah sakit dan isolasi mandiri, sementara 143.876 lainnya meninggal dunia.

Capaian Vaksinasi

Hingga Senin (6/12) Pukul 12.00 WIB tercatat 142.700.940 orang telah menerima suntikan dosis pertama vaksin virus corona. Sementara itu, ada 99.225.572 orang yang telah menerima dua dosis suntikan vaksin covid-19.

Dengan demikian, capaian vaksinasi dosis pertama telah menyentuh angka 68,52 persen dari total sasaran 208.265.720. Sedangkan suntikan dosis kedua baru berada di angka 47,64 persen.

(khr)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *