Prabowo Bakal Hadiri KTT G20 di Brasil Bulan Depan




Jakarta, Indonesia

Menteri Luar Negeri RI Sugiono mengatakan Presiden Prabowo Subianto berencana mengikuti KTT G20 di Rio de Janeiro, Brasil.

“Bulan depan Bapak Presiden akan ikuti KTT G20 di Rio de Janeiro, Brasil, sementara saya juga diundang menghadiri pertemuan Tingkat Menlu kelompok negara maju G7 expanded session di Fiuggi,Italia,” kata Sugiono di sela-sela KTT BRICS di Kazan, Rusia, Kamis (24/10).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sugiono mengatakan Indonesia ingin terlibat dalam berbagai forum negara-negara. Ia mengumumkan RI berniat gabung menjadi anggota BRICS.

Hal ini menegaskan peran penting Indonesia sebagai bridgebuilder atau jembatan antara negara berkembang dan negara maju.

“Bergabungnya Indonesia ke BRICS merupakan pengejawantahan politik luar negeri bebas aktif. Bukan berarti kami ikut kubu tertentu, melainkan kami berpartisipasi aktif di semua forum,” kata Sugiono dalam keterangan tertulis, dikutip Jumat (26/10).

Sugiono mengatakan forum tersebut bisa menjadi kekuatan untuk persatuan dan solidaritas di antara negara-negara Global South. BRICS juga dirasa dapat berfungsi sebagai perekat untuk mempererat kerja sama di antara negara-negara berkembang.

“Kami juga melihat prioritas BRICS selaras dengan program kerja Kabinet Merah Putih, antara lain terkait ketahanan pangan dan energi, pemberantasan kemiskinan ataupun pemajuan sumber daya manusia,” ujarnya.

BRICS adalah kelompok informal yang awalnya beranggotakan Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan.

Kelompok ini pertama kali diinisiasi pada tahun 2006 untuk membahas isu-isu terkini global. Keanggotaannya diperluas pada tahun 2023 dengan bergabungnya Ethiopia, Iran, Mesir, dan Persatuan Emirat Arab.

(tim/fra)


[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *